Satgas Halal Provinsi Puji Kinerja LP3H PWM Gorontalo

Publish

11 December 2023
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
193
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pendamping Proses Produk Halal   (LP3H) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Gorontalo menggelar rapat koordinasi bagi para pendamping proses produk halal Di Ruang Auditorium Masjid Darul Arqam Kota Gorontalo (9/12/2023).

Ketua LP3H PWM Gorontalo  Dr. Rulyanto Podungge, Lc, MH memaparkan materi evaluasi pelaksanaan pendampingan periode Januari - November 2023 menjelaskan bahwa kriteria bahan makanan yang ditemukan dilapangan yaitu halal dan toyyib dimana toyyib itu bermakna kelayakan makanan tersebut, apakah layak atau tidak, ada bahan - bahan yang dijadikan prodak makanan yang biasa dikenal bahan baku, contoh kue bahan utamanya adalah tepung atau terigu, jadi bahan itu harus tersertifikasi halal," ungkapnya.

Contoh lain abon cakalang, dimana ikan cakalang itu kategori halal, ada juga bahan olahan yang terambil dari bahan utamanya, contohnya keju, dimana keju itu prodak turunan dari susu, maka harus dipastikan susu apa, kalau dia terambil dari hewan yang tidak halal maka tentu kejunya tidak halal.

Ada juga disebut bahan tambahan termasuk bagaimana pengolahannya, apakah proses pengolahan secara kimiawi apakah aman untuk dikonsumsi, terpapar panas atau dingin, model kemasannya bagaimana, termasuk rumah produksi, contoh tadi abon ikan cakalang, ikannya halal tapi dijemur yang bisa diakses anjing, maka bisa tidak halal jika tim audit datang kelokasi karena terkontaminasi dengan najis.

Kedepan pendamping harus banyak mengedukasi masyarakat yang memiliki UMKM dan mengkampanyekan agar usaha mereka memiliki sertifikat halal. Terima kasih kepada para pendamping yang telah bekerja selama ini," tutupnya.

Ketua PWM Gorontalo Dr. Sabara Karim Ngou ketika memberi materi menjelaskan pentingnya meningkatkan kapasitas pendamping proses produk halal, pendamping adalah ujung tombak di lapangan maka perlu memahami bagaimana proses makanan dan minuman mendapat sertifikat halal," tegasnya.

Lanjut Sabara Ngou menjelaskan jika makanan dan minuman sampai tersertifikasi berkat dampingan para pendamping LP3H PWM maka pahala juga mengalir kepada kalian semua, jadi mari bekerja untuk akhirat juga selain dapat honor dalam pendampingan," tutupnya.

Satgas Halal Provinsi Gorontalo yang diwakili sekretaris  Safrianto Kaawoan, S. HI menjelaskan kinerja para pendamping dilapangan, dari beberapa lembaga pendamping proses produk halal yang memiliki kinerja baik adalah LP3H, buktinya lembaga ini pertama Di Gorontalo menghadirkan para pendamping menggelar rapat koordinasi," ucapnya.

"Muhammadiyah dalam bekerja selalu teratur dan cepat, karena warganya memiliki jiwa dan semangat kerja sudah terlatih, amanahb dan bisa diandalkan," tutupnya.

Hadir dalam rapat koordinasi ketua PWM Gorontalo Dr. Sabara Karim Ngou, Sekretaris Dr. Salahudin Pakaya, Rizan Adam, M.HI, M.Agus Madina, S. Hi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Danial Ibrahim, ME, Sekretaris Satgas Provinsi Safrianto Kaawoan, S. HI, 
Ketua LP3H Dr. Rulyanto Podungge, Lc, Sekretaris Mahmud Gobel, M. Pd dan Pengurus lainnya Dr. Arfan A. Tilome, Nurmawan Muksin dan para pendamping LP3H Se Provinsi Gorontalo. (jay/riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pelatihan Jurnalistik Berkemajuan 2024 di gelar pada Sabtu 3 Februari 2....

Suara Muhammadiyah

4 February 2024

Berita

AEKKANOPAN, Suara Muhammadiyah – Siswi SMP Muhamamdiyah-24 Aekkanopan Putri Ananda Susanti dar....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah -Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar akan melatih pengetahuan dan ....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam acara Innovative Leadership Forum Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas ....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah