SD MUSAKA Lamongan Gelar MABIT VII di Bulan Maulid

Publish

23 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Malam Bina Iman dan Taqwa yang disingkat menjadi MABIT adalah kegiatan yang diadakan setiap satu tahun sekali pada semester pertama atau  ganjil di SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng. Kegiatan yang dilakukan pada hari Kamis-Jum'at, 19-20 September 2024 ini bertujuan untuk untuk membina keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Kemudian akan di implementasikan dalam kehidupan sehari hari untuk memperbanyak amal ibadah, sehingga bisa meningkatkan dan menjadikan kita bertaqwa serta merasa dekat kepada Allah SWT, serta melatih untuk bisa hidup mandiri dan minimal bertanggungjawab atas diri sendiri.

Malam Bina Iman dan Taqwa VII (MABIT) diikuti oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 yang bertepatan dengan bulan Kelahiran (Maulid) Nabi Kita, Nabi Muhammad SAW, sehingga tema yang di usung adalah "Rasulullah Teladanku, Meningkatkan Ibadahku, Surga Tujuanku".

Berkat Rasulullah-lah kami bisa membedakan mana yang haq dan mana yang bathil. Untuk meneladaninya dan bentuk sebagai ketaqwaan kita kepada Allah SWT maka harapannya kita semua bisa meningkatkan segala bentuk ibadah, dan semoga kelak kita semua berkumpul bersama di surga-Nya. 

Kegiatan MABIT VII dimulai dari pagi hari bersama anak kelas 4 hingga kelas 6. Adapun kegiatan pertamanya adalah NOBAR (Nontong Bareng) Film Pendidikan yaitu Jembatan Pensil. Sebuah Film yang yang mengingatkan kepada kita semua bahwa "Pendidikan adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan. Walaupun dengan keterbatasan, kita semua harus tetap semangat untuk meraih apa yang kita inginkan, juga berani menunjukkan bahwa kita adalah bisa."

Bukan NOBAR biasa. Bukan hanya mendengar dan menyaksikan, akan tetapi siswa-siswi juga diajarkan untuk bekerjasama dan diskusi apa yang telah di dapatkan dalam film tersebut. Menunjukkan hasil dari diskusinya sesuai kelompok yang sudah di tentukan sebelumnya. Antusias sangat terlihat dari raut wajah mereka ketika diskusi dan juga presentasi. Tujuannya adalah mengajak mereka berani mengemukakan pendapat di depan semua teman-temannya. 

Kegiatan selanjutnya  adalah Murajaah Al-Qur'an juz 30 dan Hadits Akhlak serta Arbain yang di dampingi oleh semua asatidzah SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng secara klasikal. 

Jum'at, 20 September 2024 tepat pukul 02.30 anak-anak dibangunkan untuk persiapan sholat malam (Tahajud) dan Witir yang dipimpin oleh kelas 4 hingga kelas 6 secara bergantian. Fatihurroyan Raffasya yang menjadi imam pertama pada shalat Tahajud. Kedua, Asyraf Tsaqif Prasetya. Ketiga, M. Thufail Al-Ghifari. Diitutup oleh Naufal Maulana Al-Fatih sebagai imam shalat witir. 

Muhasabah diri menjadi penyempurna dari kegiatan pagi tersebut sebelum melaksanakan shalat shubuh berjamaah dan murajaah akbar. 

Pada pagi hari seluruh siswa dikerahkan ke halaman sekolah untuk melaksanakan kegiatan Senam Sehat Ceria Musaka yang dipandu oleh Ustadz Rizal, ananda Syahdan, dan ananda Rafa Al-Ghani. 

Ikatan Wali Murid (IKWAM) SD Muhamamdiyah 1 Karanggeneng turut memeriahkan Malam Bina Iman dan Taqwa VII (MABIT) dengan mengadakan kegiatan Senam Syar'i. Kamis (19/09/20024) Senam Syar'i dilaksanakan di halaman SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng khusus para Bunda dan di sterilkan dari kaum adam. 

Dengan balutan gamis hitam di padu helaian jilbab seragam dari paguyuban masing-masing, para Bunda terlihat bahagia dan lincah tanpa merasa gerah dan ribet walaupun melakukan gerakan senam pada umumnya.

Kegiatan Senam Sehat Ceria ditutup dengan cletukan anak "Lapar Ustadzah" hingga pada akhirnya kita menggelar alas untuk tempat sarapan. Diawali dengan do'a dan diakhiri dengan hamdalah. Sebelum segala kegiatan MABIT VII ditutup mengarahkan kepada seluruh anak-anak untuk gotong royong bersih lingkungan dari bentuk cinta lingkungan yang bersih. 

Semua kegiatan MABIT VII di tutup dengan sebuah pembekalan dari Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Karanggeneng atas segala bentuk kegiatan yang telah dilakukan semoga menjadi kebiasaan yang baik dan menjadi bentuk ikhtiar anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang sholih-sholihah, hebat, mandiri, bertanggungjawab, taat pada agama, meneladani Rasulullah, dan kelak sukses dunia akhirat serta bermanfaat untuk masyarakat luas. Aamiin. 

Ustadzah Elsa Febrianti (Wali Kelas II) menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasamanya. "Saya sangat berterimakasih atas kerjasama dari dewan asatidzah, karena tanpa kerjasama acara Mabit tak akan berjalan dengan baik dan lancar. Semoga apa yang diberikan untuk kegiatan Mabit ini menjadi ladang pahala bagi kita semua. Semoga Allah menjaga kekompakan ini hingga nanti," pungkasnya. (Elsa)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SAWANGAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM Kota Depok meny....

Suara Muhammadiyah

3 October 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Saat ini, jamaah haji asal Indonesia mulai diberangkatkan. Pr....

Suara Muhammadiyah

12 May 2024

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - “Saya bersyukur uangnya sudah tidak saya pegang. Kalau saya p....

Suara Muhammadiyah

17 May 2024

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H organisasi massa (Ormas)....

Suara Muhammadiyah

16 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah