Sedekah Sumber Berkah

Publish

4 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
211
Sedekah

Sedekah

Sedekah Sumber Berkah 

Oleh: Sringatin 

Sedekah merupakan kata yang tidak asing lagi di kalangan umat Islam. Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Sedekah, dalam konteks agama Islam, merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan dan memiliki kedudukan yang sangat mulia. Hukumnya dalam Islam adalah wajib bagi orang yang mampu memberikan sedekah sebagai bagian dari kewajiban sosial dan spiritual. Sedekah bukan hanya berarti memberikan sumbangan materi seperti uang atau barang, tetapi juga mencakup memberikan waktu, tenaga, atau keahlian kepada orang lain yang membutuhkan. 

Dalam Alquran dan hadis-hadis Nabi Muhammad saw, pentingnya sedekah sering kali ditekankan sebagai cara untuk membersihkan harta dari sifat keserakahan, mendekatkan diri kepada Allah, serta membantu meringankan beban orang-orang yang kurang beruntung.

Dari sudut pandang hukum Islam, sedekah memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan sosial dan mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan yang kurang mampu. Ini menciptakan lingkungan sosial yang lebih adil dan menyebarkan keberkahan dalam masyarakat.

Sedekah dalam bahasa Al-Quran disebut  sodaqoh yang artinya segala yang baik-baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271. 

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).”

Dalam kegiatan bersedekah, ada upaya untuk mencari ridho Allah SWT, mengundang pahala serta kebaikan bagi pelaksananya. Jum’at adalah hari yang memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Muslim. Allah SWT memuliakan umat Nabi Muhammad saw dengan hari Jum’at, yang tidak diberikan kepada umat-umat nabi terdahulu. Karena merupakan hari yang istimewa, kita dianjurkan melakukan sejumlah amalan dan kebaikan. Di antaranya adalah bersedekah pada hari tersebut. Hal ini berdasarkan pada pernyataan dalam beberapa hadits.

 “Sebaik-baik hari ketika matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari itu, Adam diciptakan dan pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga serta pada hari itu pula dia dikeluarkan dari surga. Hari kiamat pun tidak akan terjadi melainkan pada hari Jumat.” (HR Muslim, Abu Daud, Nasai, dan Tirmidzi)

Adapun keistimewaan dari bersedekah di hari Jum’at diantaranya memperkuat tali silaturahmi, pahala sedekahnya akan dilipat gandakan, di doakan oleh malaikat, dilimpahkan karunia, merupakan sunnah rosul, dapat menghapus dan meringankan dosa, dan hari jum’at merupakan hari yang dianjurkan untuk beramal soleh. 

Sedekah yang dapat dilakukan di hari Jum’at diantaranya dengan melakukan “Jumat Berkah” yakni membagikan makanan dan minuman kepada jemaah solat jumat di pelataran masjid. Program rutin ini telah dilaksanakan sejak tahun 2014 oleh jamaah pengajian akhwat Masjid Al-Hurriyah, Kecamatan Jampangtengah sebanyak 300 makanan. Kegiatan ini menyedot antusias masyarakat sekitar untuk bersedekah seikhlasnya. 

Dengan  adanya program “Jum’at Berkah” ini ternyata terdapat banyak manfaat, jamaah masjid jadi sejahtera, giat dan menumbuhkan semangat bersedekah baik dalam bentuk donasi, tenaga, maupun dalam bentuk makanan/minuman siap saji. Kegiatan ini mendapat respon postif terhadap masjid sekitar, berawal dari 4 masjid di tahun 2014 yang melakukan Jum’at berkah. Alhamdulillah, di tahun ini menjadi 12 masjid yang telah melaksanakan Jum’at Berkah di masjid setempat. 

Sebagai Muslim yang baik, jangan sampai kita menyianyiakan kesempatan untuk mewujudkan rasa syukur atas segala karunia yang diberikan Allah SWT kepada kita semua dengan senantiasa bersedekah dalam kondisi apapun dan bersedekah pada waktu-waktu yang dianjurkan, seperti Jum’at. 

Sringatin, Wiraswasta/Aisyiyah PCA Jampangtengah/Ketua Pengajian Akhwat Majelis Ta’lim Masjid Al-hurriyah Jampangtengah, Sukabumi


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Humaniora

Sedekah Sumber Berkah  Oleh: Sringatin  Sedekah merupakan kata yang tidak asing lagi di ....

Suara Muhammadiyah

4 May 2024

Humaniora

Cerpen Affan Safani Adham KETIKA sekolah dialihkan ke rumah dengan pembelajaran online, isteriku y....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Humaniora

Tak Lekang oleh Zaman dan Waktu Oleh: Deni al Asyari Kemarin siang, saya dikirimi oleh Buya Syafii....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Humaniora

Oleh: Cristoffer Veron Purnomo Dari ufuk timur Indonesia, tepatnya di Merauke, ada salah satu kader....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Humaniora

Bangunan masjid itu nampak paling megah di antara bangunan- bangunan rumah di sekitarnya. Apalagi ....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah