Sekjen MUI: Ajak Masyarakat Perkuat dan kembangkan Sarana Wisata Halal

Publish

9 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
164
Doc. Pribadi

Doc. Pribadi

AGAM, Suara Muhammadiyah - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Buya Dr H Amirsyah Tambunan, MA bersama Sekretariat Daerah Kabupaten Agam, Sumatera Barat Drs H Edi Busti, MSi menyampaikan rasa syukur atas dilaksanakan kerja sama MUI dengan Bank Indonesia (BI). Kerja sama ini membuahkan hasil dengan diresmikannya secara simbolik pemasangan atas (topping off) di Gedung Pusat Informasi Pariwisata Ramah Muslim (Halal Tourism Hub) Buya Hamka di tepi Danau Maninjau, Sungai Batang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Sabtu, (9/3).

Ketua Majelis Pendayagunaan Wakaf Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini juga mengajak masyarakat sekitar Agam agar memperkuat kolaborasi, inovasi, singkronisasi dan sinergi (KISS) Halal Tourisme Hub Buya Hamka. "Untuk itu, Lembaga Wakaf MUI akan melakukan pengelolaan melalui skema wakaf produktif bersama keluarga besar Buya Hamka dan keluarga besar Buya AR Sutan Mansur. Yakni untuk pengembangan wisata halal dan ekonomi kreatif, dan UMKM halal di Maninjau," katanya.

Program ini mendapat didukung Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia dan Pemda Kabupaten Agama, Wali Nagari Sungai Batang Rustian untuk memperkuat Museum Rumah Kediaman keluarga Buya Hamka.
“Kami senang sekali dibangun Hub Pusat informasi Wisata Halal Buya Hamka berharap agar mendapat masukan dan mendengarkan curhatan  kami sehingga kendala- kendala yang kami hadapi bisa menemukan solusi nya segera," kata wali Nagari.

Selain itu  wali Nagari sebagai pihak dari pemerintah sepakat meningkatkan kunjungan wisata dengan program wisata halal dengan menjalin kolaborasi yang baik antara pemerintah atau dinas terkait dengan pemerintah setempat. Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi menegaskan keinginannya untuk mengembangkan potensi wisata halal melalui tokoh Buya Hamka yang dikenal dunia.  

Kesempatan yang sama Imam Hartono Kepala DEKS menyampaikan bahwa acara ini dapat menjadi salah satu model wisata halal di Indonesia yang dapat memperkuat ekosistem ekonomi keuangan syariah di Sumatera Barat. (Cris/Mir)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Siswa dan siswi SMA Negeri 2 Cilacap yang di wakili oleh Pembina dan P....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

ALOR, Suara Muhammadiyah - Untuk melaksanakan agenda yang telah termuat dalam Kalender Akademik....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Berita

GARUT, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui kerja sama dengan Pi....

Suara Muhammadiyah

23 April 2024

Berita

Bandung – Galeri Investasi Syariah (GIS) BEI Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Bandung suks....

Suara Muhammadiyah

17 September 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah- Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah