SENIOR CARE SARANA UNTUK BERIHSAN

Publish

28 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
405
Dok SM

Dok SM

SENIOR CARE SARANA UNTUK BERIHSAN

Salah satu “kenangan” musim haji 1444 H yang baru berlalu adalah tagline atau slogan “haji ramah lansia”. Lansia adalah akronim dari lanjut usia. Dengan slogan ini semua petugas penyelenggara ibadah haji harus memberikan perhatian ekstra kepada jamaah yang berusia lanjut.

Tidak ada yang salah dari slogan haji yang dicanangkan kementerian agama RI ini. Dalam menjalankan ibadah haji yang banyak bertumpu kepada ketahanan dan kekuatan fisik ini warga senior (lansia) memang harus lebih mendapatkan perhatian. Secara umum, warga senior lebih rawan terserang kelelahan dan jatuh sakit. Dari sisi yang lain, slogan ini membuka satu kenyataan yang agak kurang mengenakkan. Warga senior dianggap sebagai beban.

Apalagi, di musim haji tahun 1444 (2023) kemarin jumlah warga senior yang menjadi jamaah haji Indonesia cukup banyak. Sekitar 67.000 orang atau sepertiga (30%) dari total jamaah haji Indonesia yang berjumlah sekitar 229.000 jamaah. Ledakan jumlah warga senior yang berangkat haji di tahun 2023 ini karena adanya pembatasan jamaah haji selama 3 kali musim haji yang disebabkan adanya pandem Covid-19. Warga senior yang tidak diizinkan berangkat di tahun-tahun itu diprioritaskan untuk berangkat di tahun ini. Anggapan warga senior sebagai beban, sedikit banyak menyeruak di dalam pembahasan musim haji tahun ini.

Sudah pasti, kementerian agama tidak berpikir seperti itu (menganggap warga senior sebagai beban) saat meluncurkan slogan haji ramah lansia ini. Akan tetapi, kemenag justeru memaknai warga senior sebagai sarana “keihsanan” dalam pengabdian. Hal ini setidaknya tercermin dari pernyataan menteri agama yang memuji ketulusan para petugas haji Indonesia dalam melayani warga senior yang menjadi jamaah haji di tahun ini. Sebuah pelayanan yang mungkin belum pernah mereka berikan kepada orang tua mereka saat masih ada di tanah air.

Selengkapnya dapat berlangganan Majalah Suara Muhammadiyah

Klik di sini https://suaramuhammadiyah.or.id/ebook/paket 

Atau, download di Playstore

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Editorial

Muhammadiyah dan Kebudayaan Berkemajuan Oleh Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si. Siapa bilang Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Editorial

Ideologi Islam Berkemajuan Oleh Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si. Muhammadiyah melekat dengan dan men....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Editorial

KEGAIRAHAN BERAGAMA YANG BERKEMAJUAN Pernah, para ilmuwan sosial memprediksikan bahwa agama-agama a....

Suara Muhammadiyah

4 May 2024

Editorial

PENGAKUAN DUNIA ATAS DEDIKASI KEMANUSIAAN Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, dua organisasi kemasyar....

Suara Muhammadiyah

28 March 2024

Editorial

SENIOR CARE SARANA UNTUK BERIHSAN Salah satu “kenangan” musim haji 1444 H yang baru ber....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah