SM Tower dan Semangat Pemberdayaan

Publish

15 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
471
Paguyuban Becak Malioboro di SM Tower

Paguyuban Becak Malioboro di SM Tower

SM Tower dan Semangat Pemberdayaan

"Business is Business",  memang demikianlah ekosistem sebuah bisnis. Tapi hal tersebut tidak berlaku sepenuhnya bagi persyarikatan Muhammadiyah. 

Bisnis bagi Muhammadiyah memiliki semangat liberatif. Tidak semata-mata berorientasi profit an sich. Di dalamnya ada nilai-nilai ideologis dan pemberdayaan. 

Demikianlah sesungguhnya yang melekat pada bisnis perhotelan SM Tower & Convention. Walaupun ada orientasi profit sebagai bagian dari upaya survival bisnis, tetapi di dalam pengelolaan bisnis, juga mengandung semangat ideologis dan pemberdayaan.

Dalam beberapa hal upaya ini tampak melalui gerak SM Tower & Convention. Misalnya, melalui SM Tower kini terbentuk jaringan paguyuban becak SM Tower Yogjakarta. Dengan adanya paguyuban resmi ini, setidaknya menjadi jalan bagi paguyuban jasa becak memperoleh berkah ekonomi dari kehadiran SM Tower & Convention. 

Sejalan dengan hal tersebut, SM Tower juga menjadi wadah bagi pelajar-pelajar Muhammadiyah yang memiliki bakat seni musik untuk tampil di SoewaraMoe Cafe secara bergiliran. Tiap sekali sepekan, para pelajar Muhammadiyah yang berasal dari berbagai sekolah menunjukkan kemampuan bakat seni musik mereka mengisi panggung hiburan di SM Tower.

Begitu pula bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah kejuruan yang berlatar belakang perhotelan atau tata boga. Tidak sedikit diantara sekolah-sekolah Muhammadiyah menjadikan SM Tower tempat untuk pelajar-pelajar Muhammadiyah mempraktekkan kemampuan ilmu perhotelan dan tata boganya di SM Tower. 

Sehingga ke depan, SM tower akan memiliki calon-calon SDM manajemen hotel yang sudah terlatih untuk ditempatkan diberbagai SM Tower lainnya di tanah air. 

Dan yang tidak kalah pentingnya, SM tower & convention, juga menjadi rumah bagi pelaku UMKM. Sebab, di drugstore dan setiap kamar di SM Tower, terdapat berbagai aneka produk umkm yang bisa dinikmati oleh para tamu yang menginap dari berbagai daerah. 

Dan yang membanggakan, produk umkm di setiap room ini, termasuk produk yang laris. Karena selain bisa dinikmati di dalam kamar, juga bisa menjadi oleh-oleh bagi tamu yang berasal dari luar daerah Yogyakarta. 

Beberapa catatan tersebut, menunjukkan bahwa kehadiran SM Tower & Convention tidak semata-mata ber orientasi bisnis. Tetapi ada semangat ideologis, kemandirian dan pemberdayaan di dalamnya. 

Maka membesarkan SM Tower, adalah bagian dari kerja berjamaah untuk memperkuat semangat ideologis tersebut. Dan inshaAllah, hasil bisnisnya pun, juga akan dapat dimanfaatkan untuk umat dan warga persyarikatan kembali. 

Selamat Berakhir Pekan

Reservasi: 0812 2720 9393

SM Tower Malioboro

"Living Muslim, Dari Jogja Untuk Dunia"

Penampilan Acoustic Pelajar Muhammadiyah Yogyakarta

Magang SMK Muhammadiyah Perhotelan di SM Tower


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Humaniora

Tak Lekang oleh Zaman dan Waktu Oleh: Deni al Asyari Kemarin siang, saya dikirimi oleh Buya Syafii....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Humaniora

Oleh: Cristoffer Veron P Hidup ini sarat dengan teka-teki. Tidak ada yang tahu dalam diri setiap in....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Humaniora

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -Di balik sorot matahari yang tak kenal ampun, keluarga PT Syarikat C....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Humaniora

Bangunan masjid itu nampak paling megah di antara bangunan- bangunan rumah di sekitarnya. Apalagi ....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Humaniora

Cerpen Ashari REJEKI sering diidentikkan dengan harta. Boleh saja. Silahkan. Sah-sah saja. Namun da....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah