STKIP Muhammadiyah OKU Timur KKN di Kawasan Perikanan

Publish

8 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
281
Foto Istimewa

Foto Istimewa

OKU TIMUR, Suara Muhammadiyah - Kelompok 2 Angkatan 2 mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah OKU Timur berkunjung ke Koperasi Produsen Sinar Baru Minasari yang bergerak pada produksi perikanan budidaya di Desa Tambak Boyo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Rabu (20/9/2023).

Ketua Koperasi Produsen Sinar Baru Minasari, H. Erwanto mengatakan salah satu koperasi yang berkedudukan di Kabupaten OKU Timur dengan kegiatan utama produksi perikanan budidaya. Adapun visi Koperasi produsen sinar baru minasari yakni, “Bersama Koperasi produsen sinar baru minasari kita ingkatkan kesejahteraan petani ikan”.

“Koperasi Produsen Sinar Baru Minasari ini didirikan Oktober 2018, untuk menjalankan visi koperasi Produsen Sina Baru Minasari adalah memberikan pelayanan pemodalan pembibitan dan pemasaran dalam bidang perikanan, meningkatkan produksi dalam bidang perikanan, serta turut mengembangkan potensi perikanan yang ada di Kabupaten OKU Timur,” ungkap Erwanto.

Dosen Pembimbing KKN, E.I Pusta Siligar, M.Pd mengatakan program Kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Kawasan Perikanan bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan proses pemasarannya, disisi lain diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan efisiensi sektor perikanan di suatu wilayah.

Dengan program kerja yang tepat, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan efisiensi sektor perikanan di suatu wilayah.

“KKN kali ini diharapkan Mahasiswa mampu belajar bagaimana pengolahan perikanan mulai dari persiapan ikan sampai pemanenan dan pendistribusian. Program Pengembangan Produk Olahan Ikan bertujuan untuk membantu pengembangan produk olahan ikan yang lebih bervariasi dan bernilai tambah," terang Pusta.

Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, H. Didi Franzhardi, M.Pd. mengatakan KKN menjadi komitmen STKIP Muhammadiyah OKU Timur untuk melaksanakan kegiatan akademik perguruan tinggi yang dimanifestasikan melalui Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

KKN kali ini Mahasiswa diharapkan dapat membantu dalam melakukan penelitian mengenai produk olahan ikan yang bisa dihasilkan dari hasil perikanan di kawasan tersebut, serta memberikan pelatihan bagi para petani dan nelayan mengenai cara mengolah hasil perikanan menjadi produk olahan yang bernilai tambah.

“Pada KKN ini diharapkan Mahasiswa mampu menerapkan keilmuan di bangku kuliah untuk diterapkan dalam realita sosial salah satunya lingkungan masyarakat Desa Tambak Boyo dan usahatani unggulan yang bergerak pada produksi perikanan budidaya ikan patin. KKN ini sebagai sarana pemberdayaan masyarakat sebagai pengejawantahan surat Al-Ma’un sesuai dengan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah,” ungkap Didi pada awak media pada Sabtu (07/10/2023).

Kemudian, Peserta KKN, Betty Triyani mengatakan bangga mengikuti KKN STKIP Muhammadiyah OKU Timur ini karena berkesempatan mengabdikan ke masyarakat dan ajang memperkaya ilmu dan pengalaman, juga relasi. KKN kali ini berkesempatan berkunjung ke kampung budidaya ikan mempelajari dari hulu hingga hilir agribisnis.

Betty menuturkan, kesempatan KKN ini mahasiswa dalam menjalankan program kerja melakukan kunjungan pembelajaran ke Koperasi Produsen Sinar Baru Minasari yang bergerak pada produksi perikanan budidaya di Desa Tambak Boyo. Mereka antusias mempelajari pertanian budidaya ikan hingga olahan ikan sehingga bisa memperkaya ilmu, dan dapat jadi inspirasi untuk berwirausaha. KKN angkatan 2 ini dituntut untuk adaptif, mengenal dan mempelajari sistem budidaya ikan dan berbaur dengan masyarakat. (Prely)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAMBI, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya menyemaikan nilai-nilai luhur Pancasila, Pusat Studi Budaya ....

Suara Muhammadiyah

22 May 2024

Berita

LAMTIM, Suara Muhammadiyah -Pelantikan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Labuhan Maringgai....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat Iu Rus....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Muhammadiyah Yogyakar....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula atas SMA Muhammadiyah 3 Wirobrajan Yogyakarta, di....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah