Tahsin al-Qur’an Sebagai Penguatan Kader Persyarikatan

Publish

5 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
299
MBS Bumiayu

MBS Bumiayu

BREBES, Suara Muhammadiyah - Dewan Asatidz Pesantren MBS Bumiayu memenuhi undangan untuk melakukan Pembinaan Tahsin al-Qur’an untuk siswa pada 2 MI dan  SD di Kecamatan Bumiayu, Brebes, Sabtu (4/11). Mudir Pesantren MBS Bumiayu Sutriyono menegaskan bahwa program Tahsin al-Qur’an yang digelar oleh Pesantren merupakan bagian dari program penguatan dan pembinaan kader persyarikatan. 

“Adanya program tahsin al-Qur’an yang dilakukan oleh dewan asatidz Pesantren MBS Bumiayu terhadap beberapa sekolah binaan sekaligus sekolah asal santri MBS Bumiayu akan menjadi salah bagian dari risalah yang diamanatkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu untuk membaca dan mengajarkan ayat-ayat suci al-Qur’an kepada ummatnya agar generasi mendatang menjadi generasi robbani yang mumpuni dalam bidang ilmu Qur’an dan ilmu agama lainnya, di samping ilmu umum yang mereka kuasai,” tegasnya.

Menurut Wakil Kepala SMP MBS Bumiayu, Ustadzah Yuli Mulyani, S.Pd bahwa untuk sementara baru menjajagi MOU Program Tahsin al-Qur’an dengan 4 Sekolah, yaitu MIM Langkap, MIM Talok, SDM Bumiayu dan SDIT al-Ambary Bumiayu.

Pada hari sabtu, 4 November 2023 telah dilakukan pertemuan perdana untuk siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Langkap yang beralamat di jalan KH. Ahmad Dahlan No. 24 Dusun Gembol Desa Langkap RT 02/IV Kecamatan Bumiayu, kabupaten Brebes yang dipandu langsung oleh Ustadzah Nihayatul Amniyah, S.Kom kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Pesantren MBS Bumiayu yang langsung dikomandani oleh Ustadz Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd. Acara diakhiri dengan Ice Breaking dan pembagian doorprize untuk para siswa yang dipimpin oleh ustadz Is Abdurrahman yang dibantu dua santriwati, yaitu Santriwati Tsuroya dan Santriwati Zahra serta pemberian cinderamata dari MBS Bumiayu kepada Kepala MIM Langkap.

Muhammad Taufik, S.Pd.I selaku Kepala MIM Langkap sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pesantren MBS Bumiayu dalam rangka membumikan dan menggemakan pembelajaran al-Qur;an.

“Program pembinaan tahsin al-Qur’an yang dirintis oleh Pesantren MBS Bumiayu akan menambah eratnya ukhuwah Islamiyah antar sesama AUM Pendidikan sekaligus media pembangkit semangat belajar seluruh warga MIM Langkap, terutama para siswa kami yang sekarang kelas 4-6 dengan harapan mereka akan menjadi siswa yang tangguh, unggul dan mumpuni dalam pembelajaran al-Qur’an, sehingga kelak akan lahir para kader bangsa dan persyarikatan dari MIM Langkap pilih tanding dalam penguasaan ilmu agama karena sudah didasari penguasaan ilmu al-Qur’an yang cukup memadai,” harapnya.

Sehari sebelumnya, yaitu pada hari Jum’at, 3 November 2023 juga telah dilakukan pembinaan Tahsin al-Qur’an perdana pada siswa MIM Talok yang berada di Jalan H. Mansur Dusun Talok, Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Brebes. MIM Talok saat ini dipimpin oleh seorang Kepala Madrasah yang sangat luar biasa yaitu, Umi Atiah S.Pd.I. 

Pembinaan Tahsin al-Qur’an perdana pada siswa MIM Talok dipimpin langsung oleh Ustadzah Faradizka’ Lc, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Pesantren MBS Bumiayu yang langsung dikomandani oleh Ustadzah Anis Hidayati, S.Pd. Acara diakhiri dengan Ice Breaking dan pembagian doorprize untuk para siswa yang dipimpin oleh Ustadz M.Khoirunnaza Azamani, S.Pd yang dibantu dua santriwati, yaitu Santriwati Benita dan Santriwati Ghaitsa serta pemberian cinderamata dari MBS Bumiayu kepada Kepala MIM Talok.

Program pembinaan tajwid atau Tahsin al-Qur’an yang digelar oleh Pesantren MBS Bumiayu diawali dari pembinaan terhadap siswa-siswi SDIT al-Ambary Bumiayu pada hari Kamis, 2 November 2023 yang berada di jalan H.Ambary Desa Dukuhturi RT 01/I Kecamatan Bumiayu Brebes. Acara pembinaan Tahsin al-Qur’an di sekolah ini pimpin langsung oleh salah satu ustadz pengampu tahfidz MBS Bumiayu, yaitu Ustadz Mohammad Hotami, S.Pd dilanjutkan dengan pengenalan profil Pesantren MBS Bumiayu, Ice Breaking dan pembagian doorprize untuk para siswa yang dipimpin oleh Ustadzah Yuli Mulyani, S.Pd selaku Wakil Kepala SMP MBS Bumiayu  yang dibantu santri Emil dan Bunga.

Program pembinaan Tahsin al-Qur’an yang digelar oleh Pesantren MBS Bumiayu untuk siswa, insya Allah akan berlangsung lagi untuk siswa SD Muhamamdiyah Bumiayu yang berada di Jalan KH.Ahmad Mudzakir No, 11 Dusun Krajan Bumiayu Brebes pada hari selasa, 7 November 2023, jelas Ustadz Bambang Wahyu Supriyanto, M.Pd selaku Kabag Kesantrian Pesantren MBS Bumiayu. 

Wakil Mudir Pesantren MBS Bumiayu, Ustadz M.Utsman Arif Fatka, Lc, M.Pd menegaskan bahwa program Tahsin al-Qur’an yang digelar oleh Pesantren MBS Bumiayu bertujuan untuk mempelajari dan memperbaiki cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidahnya. 

“Program pembinaan tajwid atau Tahsin al-Qur’an yang digelar oleh Pesantren MBS Bumiayu akan menitikberatkan pada tiga hal. Pertama, seluruh siswa MI dan SD akan mengikuti pembelajaran tahsin tentang bagaimana cara melafalkan bacaan al-Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan kaidah yang berlaku sebelum proses menghafal berlangsung. Kedua, seluruh siswa MI dan SD diharuskan untuk menghafalkan ayat-ayat yang telah diajarkan sebelumnya saat mengikuti proses pembelajaran tajwid dan tahsin al-Qur’an. Ketiga, seluruh siswa MI dan SD yang mengikuti pembelajaran tahsin al-Qur’an harus membiasakan dengan setoran hafalan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pembimbing dari Pesantren MBS Bumiayu,” ujar alumni Pascasarjana UIN Prof. KH. Saifudin Zuhri Purwokerto. (Tarqum Aziz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Angkatan Muda Muhammadiyah Gondomanan Kota Yogyakarta (AMM Go....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa Hari Raya....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Masjid Al Furqon Menganti Kesugihan Cilacap, kehadiran Mubalig Hi....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -- Ketua Bidang Dakwah Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, Nur Arina H....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Lembaga Seni Budaya Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LSB PDM) Kota Depok me....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah