Tim PKM-PM UAD Serahkan Gameboard Nalaria ke ADDMC

Publish

14 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
82
Istimewa

Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Ahmad Dahlan secara resmi menyerahkan karya mereka berupa media edukasi mitigasi bencana, Gameboard Nalaria kepada Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana/Ahmad Dahlan Disaster Management Center (ADDMC). Gameboard Nalaria diserahkan oleh ketua tim PKM-PM Aida Calista Uparengga bersama Dosen Pendamping, Oktomi Wijaya, SKM, M.Sc kepada kepala ADDMC UAD, Anang Masduki, Ph.D.

Aida Calista selaku ketua tim mengatakan bahwa penyerahan gameboard Nalaria ke ADDMC UAD bertujuan untuk keberlanjutan dari program PKM-PM yang telah mereka lakukan. Oktomi Wijaya, SKM, M.Sc. selaku dosen pendamping menambahkan bahwa penyerahan gameboard Nalaria ini agar kebermanfaatan program tidak berhenti saat kegiatan PKM selesai.

Dengan diserahkannya gameboard nalaria ini ke ADDMC UAD, maka kebermanfaatannya bisa semakin luas bagi masyarakat, karena pusat studi ini sering dikunjungi tidak hanya oleh sivitas akademik UAD, tetapi juga banyak dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat. 

Anang Masduki, Ph.D selaku kepala ADDMC UAD menyampaikan bahwa Gameboard Nalaria  ini merupakan permainan yang sangat bermanfaat tidak hanya sekedar fun game tetapi juga fungsional game sehingga anak memiliki kesadaran dalam upaya mitigasi bencana sejak dini.

Game yang diserahkan ke ADDMC ini akan disampaikan kepada masyarakat, pelajar atau pun semua pengunjung yang mengunjungi ADDCM ini sehingga manfaat dari game ini bisa lebih luas lagi. 

NALARIA Gameboard adalah permainan edukatif yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan bencana di kalangan anak-anak sekolah dasar. Komponen permainan terdiri dari papan permainan yang berisi peta wilayah Yogyakarta beserta icon bencana yang sering terjadi, kartu pertanyaan (kartu bencana dan pengetahuan) dan kartu jawaban mengenai kesiapsiagaan bencana.

Kemudian ada pion pemain untuk menandai posisi di papan permainan, dadu untuk menentukan langkah, kartu peluang yang berisi keuntungan ataupun kerugian kepada pemain, dan juga buku saku serta panduan yang berisi aturan dan cara bermain.

Setiap pemain akan dibekali dengan token nyawa dan bintang. Kemenangan pemain ditentukan dari jumlah token bintang yang mereka dapatkan. 

Kegiatan PKM-PM ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia. Dengan permainan gameboard Nalaria ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana pada anak sejak dini. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta memiliki cara y....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) dan Pimpinan Wilayah Muhamma....

Suara Muhammadiyah

7 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kegiatan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Media sosial saat ini telah menjadi penentu sukses tidaknya  lemba....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah