Tim PKM UMGO Tingkatkan Kualitas SDM Warga Binaan Lapas

Publish

20 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
76
Istimewa

Istimewa

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) pada Jumat (19/10/2024) menjalankan kegiatan Pelatihan Penerapan Blue Economy untuk Meningkatkan Produksi Lobster Air Tawar melalui Efisiensi Pemberian Pakan Alami pada Warga Binaan Kelas II A Lapas Kota Gorontalo. 

Program ini didanai oleh Kemendikbudristek melalui program hibah pengabdian berbasis masyarakat tahun 2024. Tim pengabdian ini diketuai oleh Dr. Dewi Shinta Achmad S.Pi.,M.Si, selaku Ketua Program Studi Akuakultur, Dr. Muh. Firyal Akbar, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Dosen Administrasi Publik, Dr. Widiastuti Ardiansyah, S.Pt.,M.Si., Kaprodi Peternakan. 

Dr Dewi Shinta Achmad, selaku Ketua Tim PKM Dosen UMGO menuturkan, budidaya lobster air tawar sangat potensial untuk terus dikembangkan karena memiliki toleransi yang tinggi terhadap variasi kualitas lingkungan, siklus reproduksi yang sederhana, tingkat pertumbuhan tinggi, masalah penyakit relatif sedikit, serta warna dan bentuk tubuh yang menarik sehingga membuat lobster air tawar cocok untuk industri akuakultur yang menjanjikan, baik pasar konsumsi maupun hias.

"Dan pelatihan hari ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tambahan para narapidana tentang cara budidaya lobster secara mandiri," Jelasnya. 

Pelatihan tersebut diikuti oleh seluruh warga binaan. Mereka dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dasar tentang budidaya Lobster Air Tawar dan Cacing Sutra, mulai dari cara merawat benih hingga tahap pemeliharaan dewasa. Selain itu, warga binaan juga akan mendapatkan simulasi praktik langsung di kolam-kolam budidaya yang telah disediakan.

"Kami akan terus berupaya memberikan pembinaan yang merata kepada seluruh WBP di Lapas Kelas II Kota Goronto, tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM warga binaan," pungkas Dr. Dewi.

Rektor UMGO, yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, saat membuka kegiatan mengapresiasi semangat para tim pengabdian dalam melaksanakan kegiatan tersebut sehingga dapat disambut baik oleh seluruh warga binaan dengan penuh antusias. 

"Kegiatan ini sangat penting apalagi berbicara soal bisnis dan spesialnya diberikan khusus untuk warga binaan, untuk itu kami berterima kasih kepada lapas kelas II A Gorontalo, kepada kepala lapas yang saaat ini diwakili oleh kasi kegiatan kerja. Kami UMGO  melalui prodi akuakultur senang bisa bekerjasama dengan pihak lapas dalam rangka sosialiasi budidaya lobster air tawar, sehingga sewaktu-waktu akan bisa bekerjasama dengan kami apabila ini bisa dikembangkan menjadi suatu unit bisnis atau perdagangan di bidang perikanan dan kelautan kami siap mendampingi, semoga ini ada berkahnya dan terima kasih pada bapak-bapak penghuni lapas telah bisa menerima kami," Jelasnya. 

Kalapas Kelas II Gorontalo, yang diwakili oleh Kasi Kegiatan Kerja, Kasim Mohungi, S.Sos mengatakan dalam pelatihan kemandirian budidaya lobster di Lapas Kelas II Gorontalo, 
para narapidana perlu banyak diberikan keterampilan sebagai bekal mereka ketika ke luar nanti salah satunya dari pelatihan ini dan tentunya ini sangat akan bermanfaat bagi warga binaan. 

"Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih pada pihak UMGO sudah memberi ilmu terkait budidaya lobster air tawar dan cacing sutra tentunya ini  memberi manfaat besar pada warga binaan ketika mereka bebas nanti. Para narapidana diharapkan mampu memelihara dan mengelola budidaya lobster secara mandiri serta memasarkan produk yang dihasilkan," Harapnya.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 5 orang siswa SD Muhammadiyah Muhammadiyah Sapen akan terlib....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Satu Negeri, Satu Jiwa, Satu Indonesia, Ribuan peserta ramaikan jalan s....

Suara Muhammadiyah

10 August 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Masyarakat sudah lama memiliki aspirasi supaya biaya haji -ya....

Suara Muhammadiyah

17 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PWA DIY....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Ratusan mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sum....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah