Tonggak Bersejarah, Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran Diresmikan

Publish

27 September 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
735
Peresmian Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran

Peresmian Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Momen bersejarah terjadi di halaman Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran pada hari Rabu, (27/9/2023) saat klinik tersebut diresmikan sebagai langkah nyata dalam meningkatkan akses kesehatan masyarakat. 

Peresmian ini menjadi tonggak bersejarah bagi Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran dalam mengupayakan kesehatan yang lebih baik dan pelayanan yang lebih luas bagi masyarakat. 

Selain peresmian klinik, highlight lain dari acara ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran dan BPJS Kesehatan. 

MOU ini bertujuan untuk memperluas akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang terjangkau. Dengan kerjasama ini, diharapkan lebih banyak warga sekitar dapat merasakan manfaat dari program BPJS Kesehatan.

Semangat kerja sama dengan  BPJS Kesehatan diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi warga dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, termasuk Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban beserta anggota Pleno, Kepala BPJS Kesehatan Tuban dan Bojonegoro, direktur Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban, serta berbagai tamu undangan lainnya yang turut meramaikan kesempatan bersejarah ini.

Dr. Catur selaku Ketua Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tuban, menyampaikan bahwa, Klinik Pratama beroperasi sejak lama, dan tepat hari itu bertransformasi.

Di samping itu, kata dia, peresmian klinik dan kerjasama dengan BPJS Kesehatan adalah langkah konkrit dalam upaya untuk menjadikan kesehatan sebagai hak universal.

"Bertransformasi salah satunya hari ini dengan BPJS Kesehatan, ini adalah sebuah langkah yang membawa kebaikan baik Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran maupun BPJS,"tuturnya.

Ia menegaskan bahwa, Muhammadiyah melalui MPKU  berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan.

Di samping itu bahwa upaya seperti ini adalah bagian dari misi Muhammadiyah untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Kami berkomitmen untuk terus memperluas akses kesehatan dan menyediakan pelayanan berkualitas untuk semua lapisan masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Bojonegoro, Sisri Sembodo menuturkan bahwa, kerjasama antara Klinik Pratama dan BPJS Kesehatan akan sangat membantu masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan yang baik.

"Masyarakat sekitar klinik ini yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan diri agar layanan kesehatan dapat mudah diakses,"tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa prioritas pola hidup sehat garda terdepannya adalah fasilitas kesehatan tingkat satu seperti Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait pelayanan BPJS Kesehatan, kata dia, bisa diakses melalui aplikasi android bernama Mobile JKN.

Pada kesempatan yang sama, dr. Diyah, dalam sambutannya mewakili Dinas Kesehatan Tuban mengatakan bahwa, Klinik yang sudah beroperasi sejak lama dan kini tampil dengan wajah baru, tentunya sangat dibutuhkan kiprahnya oleh masyarakat setempat.

"Kami sangat berterimakasih kepada Muhammadiyah atas peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Tuban. Besar harapan kami dengan adanya klinik ini semakin memberikan pelayanan yang maksimal untuk kita yang ada di sini,"harapnya.

"Apa lagi klinik ini terletak di jalur utama Tuban Gresik, orang di sekitarnya terimbas. Dan tujuan kita semuanya adalah memberikan pelayanan maksimal di bidang kesehatan semuanya terlaksana dengan baik,"imbuhnya.

Ketua PDM Tuban, Masrukin menegaskan adanya kerja keras dari semua pihak terkait demi membesarkan Klinik tersebut.

"Khususnya Pimpinan Ranting Muhammadiyah Panyuran bekerja sama dengan PCM Palang, karena klinik ini berada di kecamatan Palang,"tegasnya.

Diriya optimis bahwa klinik tersebut akan berkembang dengan baik, karena jumlah warga Muhammadiyah di Tuban terbanyak berasal dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Palang.

"Jika semua warga Muhammadiyah menjadi anggota BPJS Kesehatan dan bergabung di Klinik Pratama Muhammadiyah ini, saya yakin akan mudah untuk menjadi besar,"ujarnya.

Klinik Pratama Muhammadiyah Panyuran tentunya akan menjadi fokus perhatian banyak pihak. Klinik tersebut berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat sekitar. 

Dengan peresmiannya, klinik ini siap untuk melayani lebih banyak pasien dengan standar pelayanan yang tinggi dan memiliki 3 Poli yaitu Poli Umum, Poli Gigi dan Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Acara ini juga menampilkan kegiatan amal yang sangat berarti bagi kesehatan masyarakat. Donor darah merupakan salah satu kegiatan yang diadakan, yang menggugah semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama. Selain itu, pengobatan gratis juga tersedia bagi warga yang membutuhkan perawatan medis. (Iwan/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Lembaga Studi Keislaman dan Kemuhammadiyahan Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Seringkali ibadah sunnah satu ini menuai perdebatan di masyarakat. ....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wakaf uang dinilai memiliki peluang besar untuk memberdayakan kelompok....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Kegurua....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Badan Pelaksana Operasi (BPO) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda M....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah