Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Publish

12 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
445
RS Unismuh Foto Istimewa

RS Unismuh Foto Istimewa

Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju

Oleh: Wakhidah Noor Agustina, S.Si.

Indonesia dengan kekayaan budaya, sumber daya alam yang melimpah, serta masyarakatnya yang beraneka ragam, memiliki potensi besar untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Untuk mewujudkan cita-cita Indonesia maju, salah satu aspek penting yang harus diperhatikan adalah kesehatan. Transformasi kesehatan merupakan fondasi penting yang diperlukan dalam membangun masa depan yang lebih cerah dan makmur bagi negara kita.

Transformasi kesehatan adalah proses perubahan dan perbaikan dalam sistem perawatan kesehatan dengan tujuan menngkatkan kualitas, aksesibilitas, efisiensi, dan hasil kesehatan bagi individu dan populasi. Transformasi kesehatan dapat mencakup berbagai aspek, termasuk sistem perawatan kesehatan, teknologi medis, praktik klinis, manajemen data, dan pendidikan kesehatan.

Upaya kesehatan merupakan setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Upaya kesehatan ini diselenggarakan dengan pendekatan yang mencakup aspek peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan.

Pendekatan yang mencakup aspek promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam transformasi pelayanan kesehatan adalah pendekatan yang sangat komprehensif dan holistik. Ini memungkinkan sistem perawatan kesehatan untuk melayani berbagai aspek kebutuhan kesehatan individu dan masyarakat dengan lebih baik dan mendukung bahwa kesehatan adalah investasi jangka panjang. Mencegah penyakit dan mengoptimalkan pemulihan adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi  beban sistem perawatan kesehatan.

Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa dekade terakhir, akan tetapi tantangan kesehatan yang dihadapi masih signifikan. Akses yang terbatas ke pelayanan kesehatan hingga masalah stunting, dari penyakit menular, hingga masalah kesehatan mental yang semakin mendesak. Masih sangat banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Kita memiliki kesempatan besar untuk mencapai perubahan yang positif.

Tantangan kesehatan di Indonesia mulai dari keterbatasan akses hingga ketidaksetaraan dalam kualitas pelayanan yang diterima. Lebih dari itu, ketahanan terhadap wabah kesehatan ibu dan anak, serta stunting merupakan isu-isu mendesak yang memerlukan perhatian serius.

Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah penting dalam memperbaiki sistem kesehatan. Program-program seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah langkah positif untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan Kesehatan. Namun, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa inisiatif-inisiatif ini berjalan efisien dan efektif. Hal ini mencakup peningkatan infrastruktur kesehatan, pelatihan tenaga kesehatan, dan peningkatan pengawasan.

Masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam transformasi kesehatan. Kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat, partisipasi dalam program vaksinasi, dan pemahaman akan hak-hak kesehatan adalah elemen kunci dalam membangun sistem kesehatan yang kuat dan berkelanjutan. Semua pemangku kepentingan, mulai dari individu hingga komunitas, perlu berkontribusi dalam menciptakan budaya kesehatan yang positif. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan adalah kunci. Dengan edukasi kesehatan tentang pola makan seimbang, aktivitas fisik, dan kebersihan, serta bahaya rokok atau alcohol, dapat membantu masyarakat membuat pilihan sehat.

Transformasi kesehatan untuk Indonesia maju adalah sebuah visi yang penuh harapan. Meskipun tantangan yang dihadapi tidak mudah, dengan tekad, kerja keras, dan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, kita dapat mencapai perubahan yang positif. Meningkatkan sistem kesehatan, memastikan akses yang merata, dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan adalah langkah kunci dalam mencapai tujuan ini.

Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk mencapai kemajuan dalam bidang kesehatan. Hal ini akan memberikan manfaat yang luas bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Mari bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan transformasi kesehatan yang akan membantu Indonesia maju menuju masa depan yang lebih baik. Transformasi kesehatan adalah salah satu investasi terpenting bagi negara kita, dan marilah bersama kita mencapai tujuan ini. Semoga Indonesia maju dan berkembang dengan kesehatan yag lebih baik untuk semua warganya.

Wakhidah Noor Agustina, S.Si., Ketua Cabang ‘Aisyiyah Kota 3 Kudus


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Drh. H. Baskoro Tri Caroko National Poultry Technical Consultant. LPCRPM PP Muhammadiyah Bida....

Suara Muhammadiyah

13 December 2023

Wawasan

Pemilu 2024: Menghidupkan Kembali Spirit Jipolmu Oleh: Yandi Pada bulan maret 2018, PP.Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Wawasan

Bisakah Muhammadiyah Menjawab Tantangan Kesehatan Mental? Oleh: Nurul Kodriati,Ph.D Hari kesehatan....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Pernahkah Anda bertanya kapan perang Rusia-Ukraina akan berakhir? Jika demikian....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Wawasan

Oleh Amalia Irfani Tulisan ini adalah hasil dari pertemuan penulis dengan beberapa perempuan hebat ....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah