Uhamka Promosikan Duta Gendis Sehat di Depok

Publish

10 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
155
Foto Istimewa

Foto Istimewa

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) bekerja sama dengan Kecamatan Cimanggis, Depok, mengadakan Pelatihan Duta Gendis Sehat (Gerakan Edukasi dan Internalisasi Kesehatan) bagi Kader Kesehatan di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Cimanggis, Depok. Acara ini berlangsung di Kantor Kelurahan Curug, Cimanggis, Depok pada 10 Juni 2024.

Emma Rachmawati, selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka, menjelaskan bahwa inovasi Gendis Sehat adalah salah satu program inovasi terbaik di bidang kesehatan. Program ini merupakan replikasi dari inovasi yang dikembangkan oleh Raden Putri Annisya Affriany Prasetyo, seorang tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku di UPTD Puskesmas Cimanggis.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kader penyuluhan kesehatan di masyarakat,” ujar Emma. Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka terdiri dari dosen Nurul Huriah Astuti dan Nurlina Rahman, serta mahasiswa Keisha Syifanabila, Rabiatul Adawiyah, dan Yusuf Adi Setiawan.

Lebih lanjut , drg. Ihyani Nurdiena, selaku Ketua Tim Kerja Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, menyatakan kegembiraannya atas pelaksanaan kegiatan ini. “Keterampilan dasar kader yang mencakup 25 kompetensi sangat penting, mulai dari pengelolaan Posyandu, keterampilan bayi dan balita, ibu hamil dan menyusui, usia sekolah dan remaja, hingga usia produktif dan lansia. Aktivitas Posyandu siklus hidup diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Depok,” tutur Ihyani.

Nurjanah selaku Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kecamatan Cimanggis, membuka acara ini secara resmi. Dalam sambutannya, Nurjanah menyatakan dukungannya terhadap kegiatan Pelatihan Duta Gendis.

“Uhamka adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan kapasitas yang terpercaya. Dalam konteks Pelatihan Duta Gendis Sehat, Kecamatan Cimanggis akan mensinergikan dengan Program Bi’dara (Bina Dampingi Ramah Anak) yang berkomitmen pada semangat, kekompakan, kreativitas, dan inovasi,” ujarnya.

Sedangkan Surya, selaku Sekretaris Lurah Curug, mengatakan bahwa Pelatihan Duta Gendis Sehat sangat bermanfaat bagi Kader Posyandu, Posbindu, dan Posmaja. “Pelatihan ini dapat memperkuat layanan kesehatan hingga ke tingkat RT dan RW,” tambahnya. Ida Farida, Kepala Seksi Kemasyarakatan Kelurahan Curug, menambahkan bahwa keberhasilan kelurahan dalam berbagai lomba tidak lepas dari peran aktif Kader Posyandu, Posbindu, dan Posmaja.

Gufron Amirullah, Ketua LPPM Uhamka, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan hilirisasi akademik keilmuan dosen. “Uhamka berkomitmen untuk membantu peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di Kecamatan Cimanggis,” tegas Gufron.

Pelatihan Duta Gendis dihadiri oleh Ketua TP PKK Dwi Endang, perwakilan Pokja 4 PKK Nanik, Ketua FKKS Cimanggis Edi Rohandi, perwakilan Pokja Sehat Didi, Ketua LPM Mulyadi, Ketua Karang Taruna, Ketua Posyandu, Ketua Posbindu, dan Ketua Posmaja. Di akhir acara, setiap peserta menerima suplemen Anti Stunting, Hard Candy StanoMu, produksi LPPM Uhamka bersama PT Global Hexa Natura.(Hendra)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dampak perubahan iklim menjadi isu penting saat ini. Dampaknya suda....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

WAJO, Suara Muhammadiyah - Amran Mahmud kembali dipercaya memimpin Ikatan Keluarga Alumni Ikatan Rem....

Suara Muhammadiyah

14 April 2024

Berita

Dari kiri ke kanan: Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Amin Abdullah,....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka meningkatkan keterampilan abad 21 dan kompetensi Pen....

Suara Muhammadiyah

1 November 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Saraf terjepit atau yang sering dikenal dengan kecetit merupakan tekana....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah