Uji Publik Majalah Karya Mahasiswa Komunikasi UMM Lewat Dilation

Publish

8 July 2024
UMM

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
130
Suasana acara Dilation di Malang Creative Center (MCC), Jumat (5/7/2024). Foto: Humas Komunikasi UMM

Suasana acara Dilation di Malang Creative Center (MCC), Jumat (5/7/2024). Foto: Humas Komunikasi UMM

MALANG, Suara Muhammadiyah - Satu lagi karya mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dipamerkan. Setelah beberapa waktu lalu 10 portal berita, lalu 11 film pendek, kini 10 majalah digelar di Malang Creative Center (MCC). Gelar karya berlangsung tiga hari, Jumat - Minggu (5-7/7/2024).

Acara bertajuk Dilation ini berlangsung meriah. Tak kurang 200 pengunjung memadati pameran dalam sehari. Dilation sendiri merupakan kepanjangan dari Digital Live Art and Magazine Exhibition. Tahun ini menjadi tahun kedua sejak Dilation tahun lalu digelar di tempat yang sama.

Dosen pengampu praktikum Jurnalistik Cetak Aditya Dwi Putra Bhakti mengatakan karya mahasiswanya harus dapat diuji publik. Melalui ekspo ini diharapkan memperoleh respon publik terhadap karya-karya mahasiswa. “Kita ingin memulai apa yang kita buat itu bukan untuk diri sendiri dan kita konsumsi sendiri, tetapi bisa dikonsumsi oleh orang lain” tuturnya.

Ciri khas praktikum di Komunikasi UMM, ungkap Aditya, memang menguji mahasiswa lebih percaya diri menggelar karyanya di hadapan publik. Dengan demikian selain mendapatkan apresiasi, mahasiswa juga harus siap menerima kritik.

"Selain itu jika ada stakeholder yang tertarik dengan karya mahasiswa juga sangat boleh untuk berkolaborasi lebih lanjut," tambah dosen Desain Grafis itu.

Dilation kali ini mengangkat tema kebahagiaan dengan tagline “Find Inspiration Build Connection”. Menariknya, majalah yang dipamerkan mengangkat isu yang bervariasi. Seperti, disabilitas, gaya hidup, sosial media, kemiskinan, profesi, budaya, kesendirian, dan pendidikan.

Ketua pelaksana Dilation, Zahra Zharifa menyatakan tujuan acara untuk menunjukkan eksistensi jurnalistik cetak ataupun epaper masih bisa diandalkan. Apalagi keterampilan jurnalistik cetak merupakan dasar awal sebelum memahami skill jurnalistik siaran maupun online. Skill fotografi dan desain visual menjadi challenge tersendiri disamping menulis berita.

“Majalah ini merupakan hasil dari kita sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tema yang berbeda selama satu semester,” ungkap Zahra.

Dilation dihadiri oleh mahasiswa se Malang Raya, penerbit buku, SMA/SMK sederajat, Batu Tv, Amazing Malang, MCC dan Info Pameran Malang.

Setiap anggota kelompok ditugaskan untuk menjaga stan atau booth untuk memberikan pemaparan kepada pengunjung yang datang kepada kelompoknya. Selain itu, bagi pengunjung yang puas dengan hasil pemaparan salah satu kelompok maka, mereka berhak mendapatkan vote bintang dari pengunjung.

Dikatakan Zahra, para mahasiswa menceritakan alasan pemilihan isu dan proses produksi jurnalistik kepada para pengunjung. Hal ini merupakan salah satu latihan agar mahasiswa dapat berkomunikasi publik secara baik untuk menjual produknya.

“Pada hari Jumat dan Minggu project ini dipresentasikan untuk mendapatkan feedback. Saya berharap semoga peminat Jurnalistik di Kota Malang dapat berkembang dan majalah dari kami dengan tema kebahagiaan bisa tersampaikan,” pungkas Zahra. (nzl/nas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka ( UHAMKA) Menjadi salah s....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

MAKKAH, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka Musyawarah Cabang ke-3, Pimpinan Cabang Istimewa Muh....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

TAIPEI, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menandatangani kesepaka....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

Yogyakarta, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah terus berupaya mengatasi masalah darurat sampah yang m....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan w....

Suara Muhammadiyah

28 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah