UMG Bekali Calon Wisudawan Berbagai Skill untuk Hadapi Dunia Kerja

Publish

28 February 2024
UMG

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
201
Pembekalan calon wisudawan UMG (28/2).

Pembekalan calon wisudawan UMG (28/2).

GRESIK, Suara Muhammadiyah -Pembekalan bagi calon wisudawan Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMG. Kegiatan ini Bertujuan untuk membekali calon wisudawan dengan berbagai macam hard skill maupun soft skill. Materinya pun beragaram dari waktu ke waktu. Dan tentu diharapkan dapat menunjang persiapan dalam menghadapi dunia kerja. Acara berlangsung di Aula Sang Pencerah UMG, Gresik, Jawa Timur (27/2).

Kegiatan tersebut menghadirkan Rektor III Suwarno SE,M.Si, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Hidayat, ST,M.Eng, dan Ketua Ikatan Alumni (IKA) UMG Muhammad Manu, S.Kom.,MM yang hadir secara berani.

Muhammad Manu dalam Perayaannya menyampaikan ucapan selamat terhadap calon wisudawan yang sudah resmi lulus. Ia mengajak seluruh calon wisudawan untuk segera mengambil peran di masyarakat.

Sementara itu Suwarno mengatakan bahwa kegiatan pembekalan wisuda ini merupakan hal yang penting untuk memberikan bekal kepada calon wisudawan yang akan memasuki dunia kerja, karena calon wisudawan harus memiliki kompetensi yang mampu agar mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Hamzah Setiawan, sebagai narasumber pada materi pertama menyampaikan pentingnya personal branding, dimana fungsi utamanya adalah untuk membangun dan memperkuat citra atau reputasi seseorang di pasar kerja.

Ia menambahkan, manfaat dari personal branding selain dapat membangun reputasi, kredibilitas, membangun koneksi, juga dapat membangun kejujuran dan kepercayaan diri, serta meningkatkan citra di media sosial.

Selain itu, ia juga menyampaikan tentang bagaimana cara membangun personal branding. Pertama, mengenali diri sendiri. Kedua, menentukan tujuan dalam hidup. Ketiga, melakukan penelitian tentang apa yang menjadi passion kita. Keempat, menciptakan karakter tangguh. Kelima, konsisten serta jujur. Dan yang terakhir jangan mudah puas, selalu melakukan koreksi dan evaluasi.

Selain mengembangkan kualitas personal dengan cara menentukan tujuan hidup, personal branding juga dapat dilakukan dengan cara memperluas networking atau mengikuti kegiatan organisasi.

Alumni IKA UMG Akhmad Syaiful Latif sebagai narasumber kedua menghimbau kepada calon wisudawan aktif dan berkolaborasi dalam IKA UMG sebagai wadah alumni untuk berkreasi dan berinovasi. 

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan, salah satunya menjadi seorang wirausaha. Ia memotivasi para calon wisudawan untuk tidak hanya melamar pekerjaan secara pasif, tetapi juga aktif menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Ia mencontohkan dirinya yang saat ini telah memiliki 60 karyawan. (azharuddin/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Darul Arqam Dasar (DAD) PK IMM STIKes Aisyiyah Palembang berjalan su....

Suara Muhammadiyah

1 April 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Di penghujung 2023, Rumah Baca Cerdas (RBC) Malik Fadjar Universitas Mu....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Panitia Amaliah Ramadan Masjid KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

20 March 2024

Berita

SURABAYA, SuaraMuhammadiyah – Menjelang hari H pemungutan suara, Gerakan Kepanduan Hizbul Wath....

Suara Muhammadiyah

13 February 2024

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Acara pelatihan Dai sekaligus menjadi rangkaian acara dalam Rapat Ke....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah