Mahasiswa PGSD UM Kupang Bekali Keterampilan Era Kurikulum Merdeka

Publish

5 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
256
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang, menghadirkan Dosen Tamu Ibu Kolekta B Keu,S.Pd.,M.Hum dari BPMP Prov.Nusa Tenggara Timur, dalam kegiatan Kuliah Tamu yang berlangsung pada 4 Oktober 2023 dengan tema Pembelajaran bahasa Indonesia di era Kurikulum Merdeka. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa PGSD UMK sebagai Calon Guru, dalam memahami materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka, dan juga mahasiswa juga mendapatkan pengalaman berbeda karena mendapatkan materi dari pemateri luar sebagai bentuk menambah wawasan dan penyelenggaraan didalam memperoleh ilmu pengetahuan.

Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum yang diharapkan akan memberikan lebih banyak kebebasan kepada sekolah, guru, dan siswa dalam merancang dan mengatur pembelajaran.

Konsep ini bertujuan untuk mengurangi tekanan standar nasional yang telah ada dalam kurikulum sebelumnya dan memungkinkan sekolah dan guru untuk lebih menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan lokal dan karakteristik siswa.

Kurikulum Merdeka akan mendorong pemahaman holistik terhadap Bahasa Indonesia, yaitu mengintegrasikan kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Guru dapat berfokus pada pengembangan kemampuan komunikasi yang efektif.

Uslan, Ph.D selaku kaprodi PGSD UM Kupang menambahkan, “Kurikulum Merdeka juga dapat mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia."

Mahasisiswa PGSD sebagai calon Guru modern agar  dapat memanfaatkan sumber daya online, aplikasi, dan alat digital lainnya untuk memperkaya pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesi di Jenjang SD,“ ucapnya. (HENDRA A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

  MAJALENGKA, Suara Muhammadiyah - Dalam sebuah saresehan yang dihelat di Balai Desa Lengkong ....

Suara Muhammadiyah

12 May 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Para pelajar dari SMA N 2 Pekanbaru menampilkan kemampuan dan kreatifita....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dosen Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika....

Suara Muhammadiyah

10 January 2024

Berita

Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 H/2024 M se-Indonesia YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah &ndash....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

SOLO­, Suara Muhammadiyah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu ba....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah