Mahasiswa PGSD UM Kupang Bekali Keterampilan Era Kurikulum Merdeka

Publish

5 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
336
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang, menghadirkan Dosen Tamu Ibu Kolekta B Keu,S.Pd.,M.Hum dari BPMP Prov.Nusa Tenggara Timur, dalam kegiatan Kuliah Tamu yang berlangsung pada 4 Oktober 2023 dengan tema Pembelajaran bahasa Indonesia di era Kurikulum Merdeka. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa PGSD UMK sebagai Calon Guru, dalam memahami materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka, dan juga mahasiswa juga mendapatkan pengalaman berbeda karena mendapatkan materi dari pemateri luar sebagai bentuk menambah wawasan dan penyelenggaraan didalam memperoleh ilmu pengetahuan.

Kurikulum Merdeka adalah konsep kurikulum yang diharapkan akan memberikan lebih banyak kebebasan kepada sekolah, guru, dan siswa dalam merancang dan mengatur pembelajaran.

Konsep ini bertujuan untuk mengurangi tekanan standar nasional yang telah ada dalam kurikulum sebelumnya dan memungkinkan sekolah dan guru untuk lebih menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan lokal dan karakteristik siswa.

Kurikulum Merdeka akan mendorong pemahaman holistik terhadap Bahasa Indonesia, yaitu mengintegrasikan kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Guru dapat berfokus pada pengembangan kemampuan komunikasi yang efektif.

Uslan, Ph.D selaku kaprodi PGSD UM Kupang menambahkan, “Kurikulum Merdeka juga dapat mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia."

Mahasisiswa PGSD sebagai calon Guru modern agar  dapat memanfaatkan sumber daya online, aplikasi, dan alat digital lainnya untuk memperkaya pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesi di Jenjang SD,“ ucapnya. (HENDRA A)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Daerah (Musyda) XVII Pimpinan Daerah Pemuda Muhamm....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Metro mengadakan &nbs....

Suara Muhammadiyah

14 June 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Bumiayu Brebes meng....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

OKU TIMUR, Suara Muhammadiyah - Ekonomi sebagai pilar penting dalam pergerakan, juga sebag....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana bersama Majelis ....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah