Unismuh Dampingi Petani dalam Perencanaan Pembangunan Irigasi Tersier

Publish

11 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
202
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BULUKUMBA, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah  (Unismuh) Makassar menghelat kegiatan pengabdian dengan judul “Pendampingan Kelompok Tani Bacari dalam Perencanaan Pembangunan Saluran Irigasi Tersier di Desa Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba”.

Tim tersebut terdiri atas unsur dosen Fakultas Teknik Unismuh Makassar dan unsur mahasiswa yang bekerjasama dengan kelompok tani Bacari Desa Palambarae Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. 

Tim terdiri atas Soemitro Emin Praja selaku ketua tim, Nini Apriani Rumata Nurhidayat, M. Agusalim, Fathurrahman Burhanuddin,  dan Lucke Ayurindra Margie Dayana sebagai anggota tim dari unsur dosen.

Kerjasama itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kelompok tani dalam memahami pentingnya dokumen perencaan. Hal itu sebagai acuan dalam melaksanakan pembangunan irigasi tersier di kawasan persawahan yang ada di Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba. 

Ketua Tim, Soemitro Emin Praja mengatakan kegiatan tersebut diharapkan mampu menjawab masalah-masalah pertanian bagi kelompok tani. 

Hal itu juga dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan. 

"Maka pendampingan kepada masyarakat merupakan kegiatan yang diharapkan mampu menunjang program kedaulatan pangan tersebut," kata dia.

Lebih lanjut, kata dia, kegiatan itu merupakan kontribusi nyata dari unsur akademisi kepada masyarakat secara langsung dalam rangka usaha meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan, pemenuhan akan  air mempunyai peranan penting. 

"Banyak  usaha  yang dilakukan  untuk memenuhinya, antara lain dengan pemanfaatan sumber air permukaan seperti sungai dan  waduk, disamping  sumber  air  tanah dangkal dan tanah  dalam  dengan  sumur  bor," ungkap dia.

Selain  kebutuhan akan air, tanaman juga membutuhkan tempat untuk tumbuh (lahan atau sawah). "Sawah dan  lahan  yang  baik  untuk  pertanian  ialah  tanah  yang  mudah  dikerjakan,  bersifat produktif dan subur serta cukup akan kebutuhan air," tandas dia.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan P....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berinovasi den....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Bidang Seni Budaya dan Olahraga (SBO) Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Mu....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Kegiatan penyaluran ba....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kabar duka menyelimuti keluarga Muhammadiyah, salah satu pendiri....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah