Unmuha Sambut Mahasiswa Baru: Bangun Karakter Unggul

Publish

10 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
93
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Tahun Akademik 2024-2025 mengikuti rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang berlangsung di Auditorium UCC Ahmad Dahlan, Banda Aceh, pada 9-11 September 2024.

PKKMB ini mengusung tema "Membangun Karakter dan Kecerdasan di Era Digital untuk Menyiapkan Generasi Unggul dalam Semangat NKRI yang Berkemajuan". Acara tersebut dihadiri oleh Kepala LLDikti Wilayah 13 Aceh, Ketua dan Sekretaris BPH, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, serta Civitas Akademika di lingkungan Unmuha.

Ketua Panitia PKKMB Unmuha yang juga Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan AIK, Dr. Mirza Murni, SE, MM, menyampaikan bahwa sebanyak 565 mahasiswa baru dari 1.109 pendaftar turut serta dalam kegiatan PKKMB selama tiga hari, 1 setengah hari di Universitas dan 1 setengah hari di tingkat Fakultas.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), Dr. Aslam Nur, MA, mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa yang telah memilih Unmuha untuk memulai perjalanan akademik mereka.

“Atas nama civitas akademika, kami mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha), yang hari ini resmi menjadi bagian dari keluarga besar Unmuha,” ujar Rektor Dr. Aslam Nur.

Beliau juga menambahkan bahwa Unmuha adalah Perguruan Tinggi Swasta pertama di Aceh yang meraih akreditasi 'Baik Sekali'. Meski demikian, beliau menekankan bahwa tidak ada perbedaan antara berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, karena semua akan terdaftar di pangkalan data Kemendikbud.

Rektor juga menyebutkan bahwa banyak alumni Unmuha yang telah sukses berkarir di berbagai instansi, baik di pemerintahan maupun non-pemerintahan. Bahkan ada juga alumni yang sedang menempuh studi Ph.D di luar negeri, seperti di Malaysia, Taiwan, hingga Amerika Serikat.

"Unmuha juga memiliki dua guru besar dari lima guru besar di PTS di Aceh, dua di antaranya berasal dari Unmuha. Lebih istimewa lagi, Unmuha memiliki satu-satunya guru besar perempuan dari kalangan non-PNS atau guru besar yayasan," jelas Dr. Aslam Nur.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga secara simbolis menyematkan almamater kepada perwakilan mahasiswa dari tujuh fakultas di Unmuha sebagai bentuk penyambutan bagi mahasiswa Tahun Akademik 2024-2025.

Sebagai tambahan informasi, selama PKKMB berlangsung, mahasiswa baru akan menerima berbagai materi terkait wawasan kebangsaan, pengenalan akademik dan lingkungan kampus. Kemudian perkenalan tentang Ortom Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Unit Kegiatan Mahasiswa dan Lembaga Kemahasiswaan di Unmuha.

Selain itu, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan budaya akademik dan kemahasiswaan yang berkembang di Unmuha. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Polda Aceh, Kodam Iskandar Muda, Badan Narkotika Nasional (BNN), serta BKKBN yang memberikan talkshow tentang Bahaya Narkoba bagi generasi mahasiswa oleh BNNP Aceh, Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme oleh Polda Aceh.

Selanjutnya, materi tentang Peran Mahasiswa dalam Menjaga Kedaulatan Negara disampaikan oleh Kodam Iskandar Muda, dan materi terakhir adalah tentang Pencegahan Anemia dan Stunting menuju Generasi Emas oleh BKKBN Aceh. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Tim Robotik SD Muhammadiyah Metro Pusat mengukir prestasi gemilang denga....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

KISARAN, Suara Muhammadiyah - Tim Bimbingan Konselor SMA Muhammadiyah 8 Kisaran menyelenggarakan keg....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

PURBALINGGA, Suara Muhammadiyah – Berlokasi di halaman panti asuhan LKSA Handayani Mrebet, Pur....

Suara Muhammadiyah

2 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pesta Rakyat untuk Negeri yang digelar PT Syarikat Cahaya Medi....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Upaya menghidupkan dakwah di lingkungan Persyarikatan Muhamma....

Suara Muhammadiyah

21 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah