Walikota Semarang Resmikan Masjid At Taqwa Wates Ngaliyan

Publish

14 May 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
298
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Siap Jadi Pusat Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Diiringi doa dan sukacita, Masjid At Taqwa Wates Ngaliyan,  Kota Semarang, diresmikan penggunaanya oleh Wali Kota Semarang Dr. Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos, Ahad (12/05/2024). Peresmian masjid ini menandai babak baru dalam dakwah Islam dan pengembangan masyarakat di wilayah tersebut.

Peresmian Masjid At Taqwa juga menjadi momen istimewa bagi keluarga besar Muhammadiyah Kota Semarang. Dihadiri oleh sekitar 2.000 orang jamaah dari unsur PRM, PCM, pleno PDM, PWM, majelis dan lembaga, ortom, amal usaha Muhammadiyah se-kota Semarang serta masyarakat setempat, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan halalbilhalal yang mempererat persatuan.

Selain itu hadir pula para undangan antara lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Dr. H. Ahmad Farid, M.Si, perwakilan dari PCNU, MUI,  unsur Forkompimcam Ngaliyan, dan undangan lainnya.

Kolaborasi Umat

Pembangunan Masjid At Taqwa ini merupakan hasil perjuangan, kolaborasi, dan gotong royong berbagai pihak. Dimulai dari semangat jamaah, panitia pembangunan, pengurus Muhammadiyah, pemerintah, tokoh agama, hingga masyarakat Wates Ngaliyan yang bahu membahu mewujudkan cita-cita mulia ini.

“Masjid At Taqwa ini merupakan wujud nyata kolaborasi dan gotong royong berbagai pihak. Kami bersyukur atas dukungan semua pihak dalam pembangunan masjid ini,” ujar Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Semarang, Drs. H. Fachrur Rozi, M.Ag. di lokasi acara.

Masjid At Taqwa di Wates ini sendiri merupakan pengganti masjid Muhammadiyah di Purwoyoso Ngaliyan yang sebelumnya  tergusur oleh proyek tol trans Jawa. Diletakan batu pertamanya juga oleh Wali Kota pada tanggal 18 Mei 2023, sebelas bulan kemudian Masjid At Taqwa berhasil didirikan kembali di Kelurahan, Wates Kecamatan Ngaliyan.

“Peresmian masjid ini bukan hanya menandakan berdirinya tempat ibadah baru, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan semangat dakwah di Wates Ngaliyan,” kata Fachrur Rozi.

Masjid berasitektur modern dua lantai ini,dibangun di atas lahan 1.600 meter persegi. Kapasitasnya bisa menamoung lebih dari 300 jamaah.

Pembangunan masjid sendiri menelan biaya total hingga 3,9 miliar rupiah. Dana tersebut berasal dari berbagai sumber. Antara lain dari dana kas PDM, donasi jamaah, dukungan pemerintah, swasta, lembaga, dan kelompok masyarakat, terang Fachrur Rozi

Terletak di Jalan Raya Palir yang digadang-gadang menjadi jalan lingkar Kota Semarang, lokasi Masjid At Taqwa Wates Ngaliyan cukup strategis. Keberadaannya di pinggir jalan besar menjadikan masjid ini sebagai tempat singgah yang nyaman bagi siapapun. Baik untuk keperluan ibadah maupun sekadar istirahat bagi masyarakat yang melintas di kawasan tersebut.

Masjid At Taqwa Wates Ngaliyan juga dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan berbagai kalangan. Fasilitas masjid dibuat ramah bagi lansia, penyandang disabilitas, perempuan, dan anak. Akses khusus, seperti ramp dan toilet khusus, disediakan untuk memudahkan mobilitas lansia dan penyandang disabilitas.

“Kami ingin masjid ini dapat dinikmati oleh semua orang, tanpa terkecuali,” tandas Fachrur Rozi.

Pemberdayaan Masyarakat

Sementara itu Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dalam sambutannya berharap Masjid At Taqwa Wates Ngaliyan dapat dijadikan sebagai pilot project masjid yang memberdayakan dan memakmurkan umatm Seperti halnya Masjid Jogokariyan di Yogyakarta. Baik pemberdayaan dalam bidang kesehatan, pendidikan, maupun ekonomi.

"Jadi masjid juga bisa memberdayakan ekonomi masyarakat sekitarnya. Bisa merangkul UMKM yang tersebar di Ngaliyan ," terang Hevearita.

Masjid juga bisa bekerjasama dengan pihak kelurahan Wates dan Ngaliyan dalam berbagai program untuk memakmurkan masyarakat, kata Mbak Ita sapaan akrabnya .

Mengamini harapan Wali Kota,   Ketua Takmir Masjid At Taqwa Wates Ngaliyan Prof. Dr. Ahwan Fanani bertekad menjadikan masjid  sebagai pusat dakwah, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat yang bermanfaat bagi semua. Masjid ini juga diharapkan dapat menjadi simbol persatuan dan semangat dakwah di Wates Ngaliyan.

"Masjid At Taqwa Wates ini nantinya tidak terbatas hanya untuk keperluan ibadah, namun multifungsi sebagai pusat syiar dakwah, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, sosial masyarakat maupun budaya," ujar Ahwan yang juga merupakan guru besar Fisip UIN Walisongo itu.

Suasana halalbihalal dan peresmian masjid semakin meriah dengan hiburan kesenian islami. Antara lain rebana dari SMP Muhammadiyah 08 Mijen dan tari Islami dari TK ABA 45 Mijen. Serta ada pula penampilan dai cilik dari MI Muhammadiyah.
Sementara acara pengajian disampaikan oleh K.H. Kusnadi Ikhwani, Ketua DKM Masjid Al Falah Sragen yang merupakan masjid percontohan nasional dalam memakmurkan masjid.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ada berbagai cara untuk menutup, penghujung tahun, salah satun....

Suara Muhammadiyah

1 January 2024

Berita

SEDAYU, Suara Muhammadiyah – Mu'allimin Sport Center yang pembangunannya dilakukan Tim Pengemb....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Hukum (FH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Hadir kembali, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) se-Surabaya dalam ....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Berita

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah – Suara Muhammadiyah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

27 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah