365 Hari Dilalui, 365 Hari Akan Kita Hadapi

Publish

31 December 2023
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
816
Foto Istimewa

Foto Istimewa

365 Hari Dilalui, 365 Hari Akan Kita Hadapi

Oleh : Machnun Uzni, S.I.Kom, Wakil Sekertaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur, Founder Sahabat Misykat Indonesia

Hari ini ahad, 31 Desember kita dipenghujung tahun 2023. Tidak terasa 365 hari telah kita lalui. Pesona kebaikantelah  kita torehkan, sekian prestasi telah kita raih. Sebaliknya, bisa jadi pula kesia-siaan telah kita lakukan, waktu berlalu begitu saja tanpa kebaikan.

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui. Benarlah perkataan Imam Hasan Al-Bashri, “Wahai anak Adam, kamu itu hanyalah kumpulan hari-hari. Tiap-tiap satu hari berlalu, hilang sebagian dirimu”. 

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui. Benarlah perkataan Abul Walid Al-Baji, “Jika aku telah mengetahui dengan sangat yakin, bahwa seluruh hidupku di dunia ini seperti satu jam di akhirat, maka mengapa aku tidak bakhil dengan waktu hidupku, dan hanya kujadikan hidupku di dalam kebaikan dan ketaatan”. 

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui. Benarlah perkataan Imam Ibnul Qayyim, “Keberuntungan terbesar bagimu, yaitu engkau menyibukkan dirimu setiap saat dengan sesuatu yang lebih utama dan lebih bermanfaat untuk kehidupan akhirat nanti. Bagaimana bisa disebut berakal, seseorang yang menjual surga dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya dengan kenikmatan sesaat?” 

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui,. Benarlah perkataan Imam Ibnul Qayyim, “Menyia-nyiakan waktu lebih berbahaya daripada maut, karena menyia-nyiakan waktu memisahkanmu dari Allah dan negeri akhirat, sedangkan maut hanya memisahkanmu dari dunia dan penghuninya.”

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui,. Benarlah perkataan Mujahid , “Tidak ada satu hari pun yang berlalu, melainkan hari itu akan berkata, “Wahai anak cucu Adam, pada hari ini aku telah datang padamu dan tidak akan kembali lagi kepadamu setelah hari ini”.

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui, kita kenang kembali ketika Ibnu Umar berkata,  Rasulullah SAW menepuk kedua pundakku, lalu bersabda, "Jadilah engkau di dunia ini seolah-olah orang asing atau orang yang singgah dalam perjalanan." Ibnu Umar berkata, "Jika engkau di waktu sore, maka janganlah menantikan waktu pagi. Dan jika engkau di waktu pagi, maka janganlah menantikan waktu sore. Ambillah kesempatan sewaktu engkau sehat untuk masa sakitmu, dan sewaktu engkau hidup untuk matimu. "(HR.Bukhari)

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui, waktu sangat cepat berlalu, seperti orang asing yang sedang singgah dalam perjalanan. Kehidupan baru harus kita lanjutkan, 365 hari di tahun 2024 akan kita hadapi.


Refleksi, muhasabah atau introspeksi memiliki keutaman tersendiri dan kita perlukan untuk 365 hari yang akan kita hadapi. Muhasabah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai introspeksi atau mawas diri, yaitu peninjauan atau koreksi terhadap (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dan sebagainya) diri sendiri. 

Muhasabah hal Istimewa yang perlu kita lakukan. Terkait muhasabah disebutkan, “Orang yang (bijak) berakal hendaknya mengalokasikan seperempat waktunya untuk bermuhasabah.”

Imam Al-Ghazali mengutip Surat Al-Hasyr ayat 18 yang mengandung keutamaan muhasabah. Menurutnya, Surat Al-Hasyr ayat 18 mengisyaratkan manusia untuk melakukan muhasabah atas perbuatan yang telah dilakukan.  

Terjemahan Al Quran Surat Al Hasyr ayat 18 mengingatkan kepada kita tentang refleksi diri. “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Umar RA,  menganjurkan kita untuk melakukan muhasabah. “Hendaklah kalian lakukan muhasabah atas diri kalian sebelum kalian dihisab. Timbanglah perbuatan kalian sebelum ia kelak ditimbang.” 

Dalam sebuah riwayat, seorang sahabat menemui Rasulullah SAW untuk meminta wejangan kepadanya. “Wahai Rasulullah, berilah aku wejangan.” “Apakah kau meminta wejanganku?” “Benar,” jawabnya dengan bahagia. “Bila kau bermaksud untuk melakukan sesuatu, pikirkanlah dampaknya. Jika ia baik, lakukanlah. Tetapi jika itu buruk, tahanlah,” 

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui, bermuhasabah kita tentang ketaatan. Apakah kualitas ibadah kita sudah sesuai harapan?. 365 hari yang akan kita hadapi akan menyempurnakan ketaatan kita untuk segala aktifitas ibadah dalam rangka mengabdi pada Allah Rabbul Izzati.

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui, bermuhasabah kita tentang muammalah. Apakah kualitas hubungan sesama manusia, saudara dan tetangga kita sudah sesuai harapan?. 365 hari yang akan kita hadapi akan menyempurnakan muammalah kita, bertambah harmoni dalam kehidupan sehari-hari, kita rawat rasa empati dan peduli.

365 hari di tahun 2023 telah kita lalui, bermuhasabah kita tentang target pribadi. Apakah telah tertoreh prestasi yang berujung pada nilai kontribusi?.  365 hari yang akan kita hadapi adalah wujud nyata kerja kerja keras untuk berkontribusi, memberi yang tak berharap kembali bagian wakaf diri.

365 hari yang kita lalui tak perlu disesali, cukupkan muhasabah diri kemudian lanjutkan dengan kesungguhan akan 365 hari yang harus kita hadapi. 

Selamat tinggal 365 hari yang berlalu di tahun 2023, selamat meniti 365 hari di tahun 2024 dalam ketaatan, perjuangan untuk menebar kebaikan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

 Ikhtiar Awal Menuju Keluarga Sakinah (1)  Oleh: Mohammad Fakhrudin dan Iyus Herdiana Sap....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Wawasan

Ketupat Lebaran Idul Fitri Oleh: Dr Faozan Amar, Sekretaris MPKS PP Muhammadiyah dan Dosen FEB UHAM....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Wawasan

Jihad Ekonomi Muhamadiyah Kalbar Oleh: Amalia Irfani Selalu banyak kebaikan yang akan di dapat saa....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Wawasan

Menyelamatkan Homo Digitalis dari Kehidupan Inersia Oleh: Agusliadi Massere Era digital hari ini a....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Wawasan

Muhammadiyahku Berikhtiar Selamatkan Semesta Oleh: Amalia Irfani 18 November 2023 menjadi momen is....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah