‘Aisyiyah Lampung Gelar Semarak Tahun Baru Islam 1446 H

Publish

15 July 2024
pwa

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
77
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Komplek Muhammadiyah Labuhan Ratu Kota Bandarlampung, Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Majelis Tabligh dan Ketarjihan (MTK) mengadakan kegiatan Semarak Tahun Baru Islam 1446 H dengan tema Mengokohkan Komitmen Hijrah, Memaksimalkan momentum Hijriyah, Rabu (13/7/2024). 

Kegiatan ini merupakan kegiatan sinergi dan kolaborasi dengan beberapa Majelis dan Lembaga di lingkungan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Lampung. Antara lain Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK), Majelis Kesehatan (Makes), Majelis Hukum dan HAM (MHH), Majelis Kesejahteraan Sosial (MKS), Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana  (LLHPB) dan Lembaga Budaya, Seni dan Olahraga (LBSO).

Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk menyemarakkan acara ini. Sebagai kegiatan utama adalah Senam ‘Aisyiyah Bahagia oleh tim dari LBSO Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Bandarlampung yang dipimpin oleh Gandes Dwi Lestari. Berbagai kegiatan dalam rangkaian kegiatan ini adalah Pemeriksaan Kesehatan Gratis bekerjasama dengan UMPRI dan Klinik Bimu Medika Muhammadiyah Sukarame, Donor Darah Sukarela bekerjasama dengan UTD RSU dr. Hi. Abdul Moeloek dan DDS Bandar Lampung, Bakti Sosial berupa pembagian 10 paket sembako dari BTM Bimu yang dibagikan kepada lansia disekitar lokasi kegiatan,  Pasar Murah bekerjasama dengan LAZISMU, Kedai ‘Aisyiyah, dan Tokomu Bandarlampung, serta diramaikan dengan Pojok Kuliner dan Bazar UMKM. 

Ada juga Lomba Menghias Kue Tampah yang diikuti oleh 14 (empat belas) peserta dan didukung oleh 3 (tiga) juri yang sangat kompeten, yaitu Ibu Dra. Hj. Siti Munawaroh perwakilan dari Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah, Ibu Merry dari Indonesian Chef Association (ICA) Lampung, dan Ibu Naqiyyah Syam, Founder Tapis Blogger yang juga seorang Konten Kreator sukses di Lampung. Dalam lomba ini, kue tampah dari PW Nasyiatul ‘Aisyiyah Lampung ditetapkan sebagai Juara 1  dan berhak mendapatkan bingkisan menarik dari panitia serta berhak atas hadiah Tabungan Haji Bank Mu’amalat sebesar Rp. 750.000,-. Bank Mu’amalat juga memberikan Tabungan Haji kepada Juara 2 (PCA Panjang) sebesar Rp. 500.000,- dan kepada Juara 3 (PCA Kemiling) sebesar Rp. 250.000,-. 

Di pojok lain, ada Demo Pembuatan Puding dari PT. Forisa dan Demo Pembuatan Ecoprint dari Samba Ecoshop. Dalam Demo Pembuatan Ecoprint, audiens yang hadir diajak praktek langsung membuat ecoprint dengan cara dan bahan-bahan yang sangat mudah dan sederhana. Bagian penting lainnya dalam kegiatan ini adalah Kampanye Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak yang menggelar Layanan Konseling (Keluarga, Psikologi, dan Anak Berkebutuhan Khusus), serta  Penandatanganan Komitmen Bersama Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.

Aksi ini didukung penuh oleh tim dari PPKS Universitas Muhammadiyah Lampung (UML). Selain itu, panitia juga mengajak dan mengedukasi peserta yang hadir untuk memilah sampah dari rumah dalam sesi Kampanye Green ‘Aisyiyah. Sampah rumah tangga menjadi salah satu penyumbang terbesar pada terjadinya penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Oleh karena itu, Memilah Sampah dari Rumah merupakan hal yang sangat penting dan menjadi tema khusus dalam Kampanye Green Aisyiyah ini.

Kegiatan ini dimulai dengan senam bersama menggunakan gerakan senam milik ‘Aisyiyah yang bernama Senam ‘Aisyiyah Bahagia. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia, Dra. Nurhafifah, serta Tausiyah atau Pesan Agama yang disampaikan oleh Dra. Hj. Siti Munawaroh, Wakil Ketua PWA Lampung yang membidangi Tabligh dan Ketarjihan. Seusai tausiyah dan pembukaan secara simbolis, panitia membagikan 20 paket doorprize menarik yang disiapkan oleh Butik Bunda. 

Berbagai pertanyaan seputar tema Hijrah dan Tahun Baru Islam dijawab oleh peserta dengan sangat antusias. Pada kesempatan ini, Bank DKI Syari’ah sebagai salah satu pendukung kegiatan juga membagikan 2 paket doorprise menarik untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari Tyagita, perwakilan bank DKI Syariah yang hadir pada kegiatan ini. 

Dalam sambutannya, Dra. Nurhafifah menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pendukung kegiatan sehingga kegiatan Semarak Tahun Baru Islam 1446 H yang dilaksanakan berjalan lancar dan sukses. 

“Terimakasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada PDM Kota Bandarlampung, PDA Kota Bandarlampung, PCA Labuhan Ratu, Tokomu Bandarlampung, LAZISMU Daerah Kota Bandarlampung, serta seluruh Amal Usaha Muhammadiyah di Komplek Muhammadiyah Labuhan Ratu, antara lain Kampus UML, TK ABA 1, SD Mutu, SMP Muhammadiyah 3, SMK Muhammadiyah 2, SMA Muhammadiyah 2 yang telah banyak membantu dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini”, ucapnya. 

“Selain itu, juga kepada MIT Muhammadiyah Sukarame, MTs Muhammadiyah Sukarame, MA Muhammadiyah Sukarame, SDIT Muhammadiyah Gunung Terang, dan SMP MUDA Gunung Terang yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini”, lanjut Nurhafifah.  


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Era digital yang tumbuh dengan pesat dan memberi kemudahan kepada s....

Suara Muhammadiyah

6 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMK Muhiyo) menyelenggarakan Wo....

Suara Muhammadiyah

22 June 2024

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah - Monitoring and Gathering Eco Bhinneka Muhammadiyah regional Banyuwa....

Suara Muhammadiyah

9 May 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Aisyiyah Bumiayu gelar lomba senam bahagia dalam ....

Suara Muhammadiyah

28 May 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Partisipasi RS Muhammadiyah Kalikapas Lamongan dalam Hospital E....

Suara Muhammadiyah

24 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah