Bahagia Menjadi Warga Muhammadiyah

Publish

7 November 2023
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
458
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Ketua PCM Kisaran Timur Apresiasi Musyran VI PRM Siumbut-Umbut 

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Pada hari Ahad, 05 Nopember 2023, Masjid Taqwa Muhammadiyah Siumbut Baru menjadi saksi dari kegiatan bersejarah, yakni Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Siumbut-Umbut. Acara yang diselenggarakan ini memiliki agenda utama yang sangat penting, yaitu pemilihan pengurus Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Aisyiyah Siumbut-Umbut Masa Bakti 2022-2027.

Dalam semangat memajukan Muhammadiyah, tema yang diangkat dalam musyawarah kali ini adalah “Memajukan Siumbut-Umbut, Mencerahkan Kisaran Timur”. Tema ini menjadi landasan bagi peserta musyawarah untuk merumuskan program-program yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Dalam pelaksanaan musyawarah ranting tersebut, tampak hadir pada acara tersebut unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan Mukhtar, S.Pd., H. Ngatiman, AS, M. Yusri, S.Ag., Drs. Jumiadi, Ketua PD. ‘Aisyiyah Asahan Sumiati, SH., MH., beserta jajarannya, Sekretaris Majelis Pustaka dan Informasi PDM. Asahan Hazlansyah Ramelan, M.Si., Sekretaris MPM M. Ikhwanul Ihsan, S.Pd., Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur Mukhtasar, M.Pd, Eddy Iswandy, SE., Ilham Surya, S. Ag., Arifuddin Arsyad, S.Pd., Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gambir Baru Drs. Wajib Rosyidi, Fakhri Mizan Harsono Ketua PD. Pemuda Muhammadiyah Asahan dan Ketua PC. IPM Kisaran Timur Andiga Pratama serta tamu dan undangan lainnya.

Kegiatan Musyawarah Ranting Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Siumbut-Umbut diawali dengan kegiatan pawai ta’aruf yang disemarakkan oleh Drumband GKHW Kwarda Asahan pimpinan Ramanda Citra, SE., dengan route mengelilingi sebahagian wilayah kelurahan Siumbut-Umbut dan Siumbut Baru, para peserta tampak sangat antusias, kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan-penampilan menarik dari siswa dan siswi TK ABA 12 Siumbut Baru yaitu tari Ampar-Ampar Pisang dan Tari Manuk Dadali, sementara itu para siswa dan siswi TPA ‘Aisyiyah Siumbut-Umbut menampilkan Solawat Yasir Lana, Lagu Macam-macam Sholat Sunah, Syarhil Qur’an dan Tarian Muhammad Nabiku.

Ketua panitia Junaidi, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu dan undangan yang berhadir. Untuk Musyawarah Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut semoga menghasilkan pimpinan yang baru, berjiwa baru, yang mempunyai semangat baru, serta program kerja baru yang tidak-tidak muluk-muluk.

Junaidijuga menyampaikan bahwa pada Musyawarah Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut ini seyogyanya calon ada 20 orang, dikarenakan sesuai AD dan ART Muhammadiyah dan penuh pertimbangan serta demi menjaga netralitas Persyarikatan Muhammadiyah, maka calon di saring kembali menjadi 14 orang dan kemudian dikarenakan sesuatu hal, ada 2 orang yang mengundurkan diri, sehingga calon Pimpinan Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut menjadi 12 orang dan itulah yang akan kita pilih nanti yang kemdian akan kita ambil menjadi 7 orang, sementara itu untuk jumlah anggota di Ranting Siumbut-Umbut ini ada 80 orang aktif.

Sementara itu, Jumari yang merupakan Ketua Pimpinan Ranting Siumbut-Umbut menyampaikan dalam sambutannya bahwa untuk periode ini tidak lagi mencalonkan diri, dikarenakan sudah banyak kader-kader yang lebih mumpuni dan menyatakan bahwa kondisi sekarang sudah kurang sehat, sehingga mengkhawatirkan nantinya akan berpengaruh pada kinerja di Ranting tersebut, disamping itu juga sudah 2 periode memimpin di Ranting Siumbut-Umbut.

“Dalam sejarah berdirinya Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut ini, pada Musyran pertama di ketuai oleh Bapak Isman, kemudian pada Musyran kedua dan ketiga, terpilih Bapak Ngatiman, sedangkan pada Musyran ke empat dan kelima saya sediri yang terpilih, dikarenakan  saya sudah memimpin 2 periode dan usia juga yang sudah tidak muda lagi, saya memutuskan untuk Musyran ke enam ini saya tidak mencalonkan diri, saya yakin bahwa para calon-calon yang akan datang ini tentu akan lebih baik lagi dari saya”, imbuhnya.

Pada Musyran pertama sampai ketiga, saya sebagai bendahara, kemudian pada Musyran keempat dan kelima saya sebagai ketua, dan saya juga kepada para warga persyarikatan Muhammadiyah Ranting Siumbut-Umbut, saya memohon maaf bilaman selama kepimpinan saya banyak yang kurang tepat, baik itu dalam mengambil keputusan atau memberikan perintah dan hal lain lagi yang kurang berkenan. Harapan saya kepada kita, agar kiranya nanti pada saat memilih calon pemimpin di Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut ini untuk memilih pemimpin yang berkualitas, amanah dan jujur serta jangan banyak berbohong, jangan dikotori ranting ini, karena dari sejak awal berdirinya ranting ini, saya terus ada dan berbuat yang terbaik untuk ranting ini. Dan saya akui bahwa dalam sejarah di Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut ini, Musyran inilah yang paling bagus dan paling semarak dan saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada kita semua, katanya mengakhiri.

Ketua PC. Muhammadiyah Kisaran Timur Mukhtasar, M.Pd. di awal sambutannya, ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur Mukhtasar, M.Pd., mengatakan bahwa dia merasa bangga, “dikarenakan ada enam kader ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut yang sekarang duduk di jajaran unsur pimpinan di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan, Pak Mukhtar, Pak Ngatiman AS., Pak Yusri, Pak Jumiadi, Pak Zulkifli dan Ibu Sumiati yang sekarang duduk sebagai ketua PD. ‘Aisyiyah Asahan”.

Memang kita lihat, bahwa kehadiran Muhammadiyah ditengah-tengah masyarakat sekarang ini bukan sesuatu yang menjadi alergi, atau yang menakutkan tapi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, dan ini sudah kita lihat di masing-masing ranting. Kalau dahulu misalnya banyak masyarakat yang komplain, yang tidak setuju, bahkan menyebut hal yang lain-lain sehingga kita merasa takut untuk mengembangkan Muhammadiyah, namu n sekarang sudah tidak lagi. Karena apa? Karena Muhammadiyah sudah banyak memberikan kontribusi, salah satunya yang sekarang sedang terjadi perang antara Israel dan Palestina, Muhammadiyah sudah hadir lebih dulu dan memberikan donasinya hamper mencapai 50 Milyiar rupiah baik itu dalam bantuk uang dan barang-barang lainnya, termasuk juga Muhammadiyah Asahan yang sudah menghimpun dana untuk keluarga kita di Palestina itu sudah mencapai 100 juta lebih.

Pada kesempatan tersebut, Mukhtasar juga menyampaikan sekilas tentang “Bahagia Menjadi Warga Muhammadiyah”. Secara pribadi, ketika kali pertama bergabung di Persyarikatan Muhammadiyah banyak mengalami kendala, tapi berkat keseriusan kita dalam mengabdi kepada Agama kita lewar Muhammadiya, semua bisa dikendalikan dan berjalan dengan baik. Tapi yakinlah, bahwa kita di Muhammadiyah bukan mencari jabatan atau sesuatu lainnya, melainkan kita mencari keridhoan dari Allah SWT. Disitulah letak kebahagiaan kita dalam berMuhammadiyah.

Dia juga menyampaikan bahwa ada empat motivasi orang masuk Muhammadiyah atau berMuhammadiya, diantaranya adalah pertama, karena memang bekerja di amal usaha Muhammadiyah, kedua karena tertarik dengan penampilan orang Muhammadiyah, yang ketiga karena ada kepentingan dan yang keempat yaitu mengantarkan kita ke surga jannatun na’im.

Mukhtasar berpesan, bahwa pada tanggal 19 Nopember 2023 yang akan datang, Ranting Muhammadiyah Kisaran Naga juga akan bermusyawarah, mari beramai-ramai kita hadir disana, karena itu merupakan ranting termuda di Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur. Apa yang telah Bapak/Ibu lakukan di Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut ini kami dari Cabang Muhammadiyah Kisaran Timur mengucapkan terima kasih, karena memang Siumbut-Umbut ini termasuk ranting yang subur.

Kepada Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) juga kami mengucapkan terima kasih kasih karena sudah berkiprah dan bekerja untuk meliput semua kegiatan-kegiatan Muhammadiyah, membuat berita dan dokumentasi lainnya, saya juga berharap dan berpesan kepada para ketua ranting Muhammadiyah se Cabang Kisaran Timur, kiranya mulailah untuk menulis sejarah tentang berdiringnya ranting Muhammadiyah di ranting masing-masing yang nantinya akan kita kolaborasikan dengan MPI Daerah Asahan kiranya nanti bisa di terbitkan Buku tentang sejarah berdirinya Muhammadiyah baik itu dari daerah, hingga ke ranting-ranting se Kabupaten Asahan, karena memang sejarah ini sangat penting bagi kita semua, mengakhiri.

Dengan metode pemilihan menggunakan bilik suara, telah terpilih Pimpinan Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut periode 2022-2027, antara lain :

1. M. EFENDI
2. GIANTO
3. RUSTAM EFENDI
4. BAKHTIAR
5. SURI ARSO
6. M. IKHWANUL IHSAN
7. SOFRIADI

Selamat kepada para Pimpinan Ranting Muhammadiyah Siumbut-Umbut yang telah terpilih untuk periode 2022-2027, semoga kedepan tetap istiqomah dalam menjalankan program kerja yang akan datang. (Ade K-MPI Asahan)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Daerah Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Permasalahan darurat sampah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pendamping Proses Produk Halal   (LP3H) Pimpinan W....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah - Perkaderan menjadi hal yang wajib dalam sebuah pergerakan, tidak terk....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Dakwah Muhammadiyah itu persuasif dan solutif dengan mengamb....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah