Lazismu DIY Borong Penghargaan dari Kanwil Kemenag

Publish

1 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
260
Istimewa

Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - LAZISMU D.I. Yogyakarta raih berbagai penghargaan dalam kegiatan Bimbingan Tekhnis (BIMTEK) Akreditasi dan Audit Syariah Lembaga Pengelola Zakat tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bidang Penais Zawa Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (KEMENAG DIY) di Ross In Hotel Rabu (31/01/24). 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 47 Lembaga Amil Zakat (LAZ) diantaranya 6 BAZNAS tingkat Provinsi dan Kabupaten serta 41 LAZ yang ada di DIY. 

BIMTEK Akreditasi dan Audit Syariah dibuka oleh H. Nurhuda, S.Ag., M.S.I, mewakili kepala bidang Penais Zawa DIY. Dalam sambutannya menyampaikan agar BAZ-LAZ bersinergi dan saling meningkatkan pengelolaan ZIS-DSKL dengan cara menjaga dan meningkatkan akuntabilitasnya. Pengelolaan ZIS-DSKL harus sesuai dengan prinsip 3A (aman Regulasi, Aman Syari, Aman NKRI).

Kegiatan ini juga menghadirkan narsumber dari Kasubdit Akreditasi dan Audit Lembaga Zakat Kemenag RI  Dr. Ahmad Syauqi, S.H., M.Hum., CLA, C.Med. Ia menyampaikan pentingnya Audit Syariah dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan pengelolaan zakat telah dilaksanakan dengan tolak ukur yang ditetakan secara efektif dan efisien. 

Kedepan lembaga zakat didorong untuk meningkatkan efektifitas, efesiensi, dan akuntabilitas layanan dalam pengelolaan zakat terkhusus pada aspek tekhnis, administrasi, dan keuangan maka akan diberlakukan akreditasi lembaga zakat.

Selain kegiatan BIMTEK Akreditasi dan Audit Syariah, kegiatan tersebut juga di barengi dengan pemberian berbagai penghargaan untuk BAZ dan LAZ yang berprestasi di tahun 2023.

Adapun jenis penghargaan yang diberikan diantaranya Penghargaan Audit Sesuai Syariah 2022, Bantuan Hibah APBD Pemda Tahun 2023, Presentase kenaikan ZSI-DSKL tertinggi tahunan 2022-2023, serta capaian Infak tertinggi untuk Palestina

Dalam kategori penghargaan tersebut LAZISMU DIY meraih peghargaan pada LAZ Tingkat provinsi tarbaik kategori kenaikan ZSI-DSKL tertinggi tahunan 2022-2023, di susul oleh LAZ Rumah Zakat dan Baitul Mal muamalat.

Selain LAZISMU DIY, LAZISMU Kabupaten Sleman dan LAZISMU Kabupaten Bantul juga meraih penghargaan yang sama pada LAZ Tingkat Kabupaten.

Selanjutnya LAZISMU DIY juga meraih Penghargaan LAZ terbaik Tingkat Provinsi pada kategori capaian Infak tertinggi untuk Palestina disusul oleh LAZISNU DIY dan Rumah Zakat. 

Sekretaris LAZISMU DIY Eka Yuhendri menyampaikan, terimakasih kepada warga persyarikatan dan masyarakat atas kepercayaannya kepada kami. Terimakasih kepada Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta atas penghargaan yang diberikan kepada Lazismu Wilayah D.I. Yogyakarta, tentu penghargaan ini ditujukan kepada LAZISMU secara keseluruhan.

“Karena hasil kerja keras, kerja ikhlas teman-teman dari kantor layanan, daerah, dan wilayah sehingga penghargaan ini diberikan kepada LAZISMU DIY. Semoga kedepan semakin solid dan banyak memberikan program-program yang bermanfaat dan maslahat untuk masyarakat di D.I. Yogyakarta. Amin,” ungkapnya. (Riz) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Hafizha Addina Aisy Syahri, siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Ko....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammdiyah - Memiliki visi untuk menjadi ASEAN Leading University, program i....

Suara Muhammadiyah

3 June 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (SBMPTMu....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FAI UMSU) ....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional tahun 2024, Majelis Pust....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah