Mahasiswa Komunikasi Unismuh Angkat Dinamika Sosial Masyarakat Bugis Bollangi

Publish

16 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GOWA, Suara Muhammadiyah - Menyukseskan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Kamis 16 Mei 2024 menggelar Kuliah Lapangan dan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru  di masyarakat Bugis Bollangi Desa Timbuseng Kecamatan Pattalassang Gowa.

Kuliah lapangan ini untuk mata kuliah Sosiologi Komunikasi dengan dosen pengampu, Dr Muhammad Yahya, M.Si, mewajibkan para mahasiswa itu yang telah dibagi beberapa kelompok membikin video dinamika kehidupan sosial orang Bugis Bollangi di Desa Pattalassang Gowa.

Pada kuliah lapangan ini mahasiswa juga melakukan sosialisasi kampus dengan membagi brosur dan kalender Unismuh Makassar 2024 serta buku agenda kepada kepala Dusun Bollangi dan kepala SD Satu Atap Ganrang Jawa II Bollangi serta masyarakat lainnya.

Demikian ditegaskan dosen pengampu Dr. Muhammad Yahya, M.Si, saat menerima peserta kuliah lapangan di rumah Kepala Dusun Bollangi. 

Dijelaskan, mahasiswa semester 4 ini akan berinteraksi langsung dengan masyarakat Bugis Bollangi mengamati dari dekat interaksi keseharian dan kemampuan merawat dan mewariskan kebudayaan dan peradaban Bugis dalam kurun waktu ratusan tahun.

Selama di lokasi mahasiswa angkatan 2022 melakukan pengamatan dengan wawancara Kepala Dusun Bollangi, tokoh masyarakat dan guru SD Satu Atap Ganrang Jawa II Bollangi.

Suasana dan nuansa Bugis tersaji dalam kehidupan keseharian  termasuk bahasa Bugis dengan logat Bone, rumah rumah panggung khas Bugis juga banyak ditemukan di lokasi tersebut.

Di SD Satu Atap (Satap) juga bahasa pengantar yang dipakai dalam pembelajaran di dalam kelas adalah bahasa Bugis pada jenjang SD.

Mahasiswa peserta kuliah lapangan dibagi dalam lima kelompok dan diwajibkan membikin video tentang kehidupan orang Bugis Bollangi serta jejak jejak kehadiran awal di Dusun Bollangi.

Kepala Dusun Bollangi Gowa, Asriadi dalam sambutan penerimaan mengatakan rasa syukur mahasiswa ilmu komunikasi Unismuh menjadikan dusunnya lokasi kuliah lapangan.

Selain itu dia juga merasa senang dengan kedatangan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tentu akan membantu dalam mempublikasikan dan memperkenalkan Dusun Bollangi dengan budaya Bugis Bone yang tetap di pertahankan.

Sebelumnya telah ditandatangani naskah kerjasama Pemerintah Desa Timbuseng Kecamatan Pattalassang Gowa dengan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Jumat 3 Mei  2024 di Kantor Desa Timbuseng Gowa.

Penandatangan naskah kerjasama itu dilakukan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Dr Syukri, S.Sos, M.Si dengan Plt Kepala Desa Timbuseng, Hamdana, ST.

Saat penandatanganan Ketua Prodi Ilmu  Komunikasi Fisip Unismuh didampingi para dosen, Dr Muhammad Yahya, M.Si, Wardah, Sos, MA, Arni, S.Kom, M.IKom serta staf Humas Unismuh Makassar, Ir Nasrullah Rahim.

Selain itu juga hadir dua mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar yakni Siti Hawa Ningsih tinggal di Bollangi dan Ayu Andira di Pattalassang Gowa.

Sebaliknya pihak Plt Kades Timbuseng didampingi, Sekretaris Desa Timbuseng pada masanya dan kini jadi Kepala Dusun Koccikang Timbuseng, Munawir Muzakkir, S.Pd.I dan Kepala Dusun Bollangi Asriadi.

Dusun Bollangi salah satu diantara enam dusun yang ada di Desa Timbuseng yakni; Bollangi, Tamalate, Koccikang, Balangpapa, Parassui dan Palemba. Saat ini jumlah penduduk Dusun Bollangi  sekitar 600 jiwa dengan tergabung pada 300 KK. *


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Komplek Muhammadiyah Labuhan Ratu Kota Bandarlampun....

Suara Muhammadiyah

15 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023 telah memasuki tahap p....

Suara Muhammadiyah

19 October 2023

Berita

PALOPO, Suara Muhammadiyah - Ratusan siswa mengikuti Seminar Karir yang diadakan oleh Fakultas Sains....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Rangkaian penerimaan mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan ....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah