Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin Gelar Refleksi Milad Muhammadiyah ke-111

Publish

30 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
467
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin dan PCM Banjarmasin 13 menggelar Refleksi Milad Muhammadiyah ke-111 pada Ahad ba'da Subuh, 26 November 2023. Peringatan milad ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Ahmad Khairudin, M.Ag., Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB). 

Sebelum acara refleksi, terlebih dahulu dilaksanakan penayangan profil masjid dan penyerahan KTAM (Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah) secara simbolis kepada 105 anggota baru persyarikatan di lingkungan PCM Banjarmasin 13. Program pembuatan KTAM massal ini diinisiasi oleh Pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin bekerja sama dengan PCM Banjarmasin 13 dalam upaya meningkatkan jumlah kader persyarikatan.

Dalam ceramahnya, Prof. Khairuddin menjelaskan bahwa rahasia Muhammadiyah dapat terus hidup dan bertahan hingga 111 tahun adalah karena keikhlasan dari segenap pengurus dan anggotanya. Selain itu, sistem kepemimpinan yang kolektif kolegial dan mekanisme pemilihan pimpinan di semua level pimpinan Muhammadiyah yang unik dan berjenjang selama ini juga berhasil menghindarkan Muhammadiyah dari berbagai tarikan kepentingan internal dan pengaruh eksternal sehingga menjamin hadirnya para pemimpin yang amanah dan legitimate. 

Sementara itu, kiprah dan ikhtiar Muhammadiyah dalam menyelamatkan semesta ditunjukkan dengan kepeduliannya terhadap upaya pelestarian bumi dan para penghuninya. Dalam hal ini, Muhammadiyah antara lain membentuk Majelis Lingkungan Hidup di semua level pimpinan dan memiliki konsep Fikih Lingkungan dan Fikih Air sebagai panduan bagi anggotanya dalam berinteraksi dengan alam. 

Selain itu, narasumber juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah selama ini juga secara konsisten terus memberikan dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina sesuai amanat konstitusi UUD 1945.

Acara ceramah dan diskusi kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan milad berupa 70 paket sembako untuk para karyawan dan relawan masjid. Nurhidayah selaku salah seorang relawan dapur masjid mengungkapkan rasa terima kasihnya.  “Bingkisan ini sangat bermanfaat di tengah harga-harga kebutuhan rumah tangga yang tinggi saat  ini,” ujarnya. 

Pengurus masjid juga memasukkan sejumlah barang makanan hasil produksi UMKM jamaah masjid ke dalam paket sembako. “Kami sangat senang krupuk haruan (ikan gabus) buatan kami dibeli oleh masjid untuk dijadikan paket sambako,” kata Abdul Halim, seorang kakek produsen krupuk yang juga menjadi relawan kotak infak masjid.

Dalam rangkaian Milad Muhammadiyah ke-111 tahun 2023, Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin dan PCM Banjarmasin 13 secara keseluruhan menggelar sembilan kegiatan, yaitu pembuatan KTAM kolektif-gratis, refleksi milad, pembagian bingkisan milad, pembagian beras gratis 2 kali (November dan Desember), donor darah, pemeriksaan kesehatan, khitanan massal gratis ke-20, wisata dakwah, dan bakti sosial. (MAB)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) dan Lemb....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo, Jawa Tengah Baby Khumaira Surya berhasil me....

Suara Muhammadiyah

15 October 2023

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah -Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar akan melatih pengetahuan dan ....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat Infaq Muhammadiyah Aceh kembali menyalurkan kado ....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

MAROKO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat 'Aisyiyah melalui MDMC telah menyalurkan bantuan kepada ....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah