Menyingkap Huruf-Huruf Misterius dalam Al-Qur`an (1)

Publish

24 April 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
91
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Menyingkap Huruf-Huruf Misterius dalam Al-Qur`an (1)

Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas    

Artikel ini mencoba memahami huruf-huruf misterius yang ditemukan di awal beberapa surat dalam Al-Qur`an. Salah satu kunci untuk membuka makna Al-Qur`an adalah memahami sesuatu tentang huruf-huruf misterius ini, mengapa huruf-huruf itu ada, dan kita tidak perlu mencoba menafsirkannya terlalu berlebihan.

Ini berarti kita perlu menghindari tafsir-tafsir yang mungkin ditawarkan orang secara iseng, yang mengatakan bahwa huruf itu berarti ini dan itu. Anda akan kaget mengetahui bahwa bahkan dalam beberapa tafsir klasik Al-Qur`an, Anda akan menemukan orang-orang yang menawarkan pendapat mereka. Ada beberapa ayat Al-Qur`an yang tergolong ambigu atau multitafsir. Dan kita diperingatkan sebelumnya untuk tidak terlalu mendalami huruf-huruf ini agar tidak tersesat dan memaknai Al-Qur`an yang tidak dimaksudkan oleh Al-Qur`an.

Kita menemukan beberapa surah dalam Al-Qur`an dengan huruf-huruf misterius ini, misalnya awal surat kedua Al-Qur`an dimulai secara mengejutkan, terutama bagi banyak pembaca berbahasa Inggris Arab. Awal ayat ini diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai ALM, seolah-olah itu mengeja kata alm, yang berarti sedekah. Ini bukan mengeja kata apa pun dalam bahasa Arab, itu hanya tiga huruf yang terpisah. Jadi apa artinya?

Para ulama memberikan banyak pandangan. Mereka berkata Alif untuk Allah, Lam untuk Jibril (ini relatif mengejutkan karena pada kata ‘Jibril’ lam berada di akhir, bukan di awal) dan Mim untuk Muhammad. Jadi Allah, Jibril, Muhammad, kan? Ada juga yang mengatakan Alif Lam Mim singkatan dari Allahu a‘lam (Allah Yang Maha Mengetahui). Namun ini semua hanya tebakan dan itu bahkan bukan tebakan yang terpelajar. Ia seperti tebakan tanpa dasar. Jadi kita harus menghindari hal itu.

Tetapi salah satu hal yang akan membantu kita memahami Al-Qur`an dan mengapa segala sesuatunya berjalan seperti apa adanya bisa dicermati pada apa yang baru-baru ini ditemukan tentang Al-Qur`an. Bahwa ada hal-hal yang membentuk pola numerik dalam Al-Qur`an. Al-Qur`an secara keseluruhan begitu terstruktur sehingga semuanya sejajar secara numerik. Kita baru saja menemukan beberapa keselarasan numerik dan matematis ini dalam Al-Qur`an. Ketika berbicara tentang huruf-huruf yang terputus ini, ada beberapa statistik yang sangat menarik tentang huruf-huruf tersebut dan di mana atau bagaimana mereka ditemukan.

Pertama-tama, mari kita lihat fakta bahwa ada 114 surat dalam Al-Qur`an. Seperempat dari angka 114 adalah 28,5. Bila dibulatkan menjadi 29. Nah, kebetulan secara tepat ada 29 surah dalam Al-Qur`an yang memiliki huruf-huruf muqatta'at, (حروف مقطعات ), yang artinya huruf-huruf yang terputus. Para sarjana Eropa, yang melihat dan mempelajarinya dari sudut pandang bahasa lain, menyebutnya sebagai huruf mistis, huruf misterius, huruf terputus, atau semacamnya. Tapi dalam bahasa Arab ini disebut huruf-huruf muqatta'at  (حروف مقطعات ) atau huruf-huruf nuraniyyah (huruf yang bercahaya). Namun tak seorang pun yang mengetahui artinya. Di sini kita menemukan bahwa ada penjajaran matematis yang menghubungkan semuanya.

Ketika membaca Al-Qur`an, kita menemukan pada surah kedua Alif, Lam, Mim di awal. Pada surah ketiga juga ada, tapi pada surah keempat tidak ditemukan. Begitu juga pada surah kelima. Banyak surat yang tidak memilikinya. Lalu secara berturut-turut kita menemukan hal yang sama pada surah ke-11, 12, 13, 14, dan 15. Semuanya memilikinya. Mengapa beberapa surah memilikinya dan surah-surah tidak memilikinya? Dan berapa banyak surah yang memilikinya? 

Banyak sekali surah yang memuat huruf huruf Muqatta'at ini. Faktanya baru sekarang, saat kita mempelajari Al-Qur`an secara detail di zaman modern dengan sistem komputer modern dan sebagainya, kita bisa melihat pola-pola matematika ini. Itu menarik karena ternyata seperempat dari jumlah keseluruhan surah dalam Al-Qur`an dimulai dengan huruf-huruf Muqatta'at

Ada beberapa angka dalam Al-Qur`an yang menarik sebagai angka, terlepas dari apa yang mereka rujuk. Salah satu angka tersebut adalah angka 7. Angka 7 disebutkan secara mencolok dalam Al-Qur'an di surah ke-15 ayat ke-87 yang berbunyi, “Sungguh, Kami benar-benar menganugerahkan kepadamu tujuh (ayat) yang (dibaca) berulang-ulang dan Al-Qur`an yang agung (QS 15: 87).” Lalu apakah tujuh yang diulang-ulang tersebut?

Terlepas dari apa yang dirujuk oleh angka 7 ini, angka 7 sendiri disebutkan dengan cara yang sangat menarik dan menonjol. Dan angka 7 juga memiliki makna dalam agama-agama samawi lainnya, yakni Yahudi dan Kristen. Dalam Kitab Wahyu dalam Alkitab, angka 7 muncul secara menonjol. Banyak hal yang berjumlah tujuh. Kebetulan juga banyak yang berjumlah tujuh dalam Al-Qur`an, tetapi diungkapkan dengan cara yang sangat dalam dan halus, seperti tidak terlihat di permukaan.

Berikut adalah beberapa contoh. Huruf-huruf Muqatta'at ini terdapat pada 29 surah dalam Al-Qur`an. Tetapi begitu melihat polanya, kita mendapati bahwa polanya terkadang berulang. Alif, Lam, Mim ada di surah ke-2 dan ada juga di surah ke-3. Ada juga di surah ke-30, jadi berulang.  Ada Alif, Lam, Mim. Ada juga Alif, Lam, Mim, Ra. Kita juga menemukan Yasin, Taha, Nun, Sad, dan seterusnya. Kita menemukan banyak awalan yang khas seperti ini. Ternyata ini semua ada pada 14 surah, yang berarti tujuh kali dua. 

Lihatlah semua awalan ini dan pola-polanya serta cermati berapa banyak huruf alfabet Arab yang digunakan dalam pola-pola ini. Karena tidak semua huruf digunakan. Ada yang menggunakan dan ada juga yang tidak. Dari 28 huruf alfabet Arab, setengahnya digunakan. Artinya 14 huruf digunakan dalam 14 pola khas ini. Sekali lagi 14 adalah tujuh kali dua. Kita melihat pengulangan angka tujuh.

Angka menarik lainnya dalam Al-Qur'an adalah angka 19. Dalam surah ke-74 ayat 30 disebutkan angka 19 dengan jelas, “Di atasnya ada sembilan belas” (QS 74: 30). Angka 19 di sini merujuk pada 19 malaikat yang menjaga neraka, menjaga Jahannam. Menarik cara angka 19 disebutkan. Kemudian orang bertanya, apakah ada hal-hal dalam Al-Qur`an yang ternyata kelipatan 19? Jawabannya ada. Kita menemukan referensi khusus tentang huruf Muqatta'at, bahwa huruf-huruf misterius ini adalah kelipatan 19.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Oleh: Mohammad Fakhrudin (warga Muhammadiyah) dan Iyus Herdiana Saputra (Dosen al-Islam dan Kemuhamm....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Wawasan

Oleh: Tri Ermayani, M.Ag, Dosen Al-Islam & Kemuhammadiyahan UM Purworejo Dalam kehidupan sehari....

Suara Muhammadiyah

30 January 2024

Wawasan

Pemuda dan Kejayaan Islam: Refleksi Hari Sumpah Pemuda Oleh: Muhammad Fitriani  Hampir satu a....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Saat ini kita menyaksikan berkurangnya kesopanan, meningkatnya sikap diskrimina....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Salah satu aspek ibadah haji ad....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah