MPM dengan PT PII Jalankan Program Sosial Keagamaan di Pedalaman Kalimantan

Publish

11 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BERAU, Suara Muhammadiyah – Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerja sama dengan PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) lakukan program pemberdayaan pada program sosial keagamaan di Desa Baturajang, Berau, di pedalaman Kalimantan Timur.

Program sosial keagamaan tersebut direalisasikan dengan revitalisasi sarana dan prasarana Masjid Al Hidayah, program kerja sama antara MPM PP Muhammadiyah dengan PT PII juga untuk meningkatkan kapasitas pengurus masjid, serta membangun partisipasi sosial berbasis masjid yang inklusif.

Ketua MPM PP Muhammadiyah, M. Nurul Yamin saat diminta keterangan menjelaskan, revitalisasi masjid ini untuk memberikan akses umat Islam di Desa Baturajang dalam menunaikan ibadah rutin dan kegiatan sosial lainnya.

Di sisi lain, sebagai desa pedalaman yang dihuni mayoritas oleh Suku Dayak Kenyah yang beragama Kristen, maka keberadaan sarana dan prasarana yang direvitalisasi seperti halaman dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara inklusif.

“Pembangunan yang dilakukan ini tidak untuk mendikotomi masyarakat berdasarkan agamanya, melainkan ingin menciptakan ruang bersama yang inklusif, yang dapat dimanfaatkan bersama-sama,” kata Yamin pada (9/7).

MPM PP Muhammadiyah sebagai salah satu pilar dakwah Persyarikatan telah melakukan program-program nyata, di mana secara sosial telah memberikan ruang bersama pada satu kesepakatan penumbuhan nilai-nilai kemajuan, kesejahteraan sosial ekonomi berbasis komunitas. 

Secara terpisah, Direktur Utama PT. PII, Wahid Sutopo mengapresiasi program kerja sama ini yang bertajuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perseroan. Menurutnya MPM merupakan mitra strategis karena jaringannya yang luas.

Sutopo menjelaskan, PT. PII tidak sekadar hadir untuk pembangunan infrastruktur, melainkan juga berkeinginan memberikan dampak pada sosial dan ekonomi pada masyarakat Indonesia secara luas, dan khususnya yang berada di sekitar pembangunan infrastruktur.

“PT PII bukan hanya fokus pada dukungannya untuk pembangunan infrastruktur namun juga berkomitmen untuk memberikan dampak secara ekonomi dan sosial kepada masyarakat,” katanya.

Sutopo juga menambahkan, program kolaborasi TJSL PT PII dengan MPM juga sejalan dengan pilar program TJSL Perseroan. Hal itu selaras dengan yang disampaikan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi PT PII, Muhammad Adib.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah -Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) menggel....

Suara Muhammadiyah

27 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM....

Suara Muhammadiyah

14 July 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Dua Lembaga Badan Pembantu Pimpinan (BPP) Aisyiyah Sumatera Utara, LBSO ....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Berita

PABELAN, Suara Muhammadiyah - Tim Varch dari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Mu....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Syamsul Anwar, MA meras....

Suara Muhammadiyah

10 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah