Pj Bupati Tubaba Tunaikan Kewajiban Berzakat di Lazismu

Publish

9 April 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
193
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Pj Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat ( Tubaba) Provinsi Lampung, Muhammad Firsada melakukan kewajiban selaku ummat muslim dengan menyerahkan pembayaran zakat nya di Lazismu kabupaten setempat, Senin ( 8/4) kemarin senilai 5 juta rupiah.

Lazismu merupakan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya.

Lazismu Kabupaten Tulang Bawang Barat dibentuk pasca terselenggaranya Musyawarah Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2022 dengan SK Pimpinan Daerah Muhammadiyah No 021/KEP/III.0/2023 tanggal 10 Juli 2023,  SK Badan Pengurus Lazismu Wilayah Lampung No : 13 BP/KEP/II.19/B/2023 tanggal 25 Oktober 2023 dengan  dengan SK Menteri Agama RI No 90 Tahun 2022 tanggal 26 Januari tahun 2022 dengan izin operasional kanwil Kemenag Provinsi Lampung No 393 tahun 2022 tanggal 20 Oktober 2022.

Pembayaran zakat Pj Bupati Tubaba, Muhammas Firsada ini di terima langsung oleh Ketua Badan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah, Bambang Wiyono. 
Dalam keterangan kepada Suara Muhammadiyah, Ketua Lazismu Tubaba ini menyambut baik pembayaran zakat yang di lakukan oleh pejabat pemerintahan dalam hal ini Pj Bupati Tubaba, Muhammad Firsada. " Zakat merupakan kewajiban seorang muslim yang harus di penuhi untuk menyempurnakan ibadah dan merupakan salah satu rukun islam yang ke tiga setelah shalat " ujar Bambang Wiyono. 

Dan dengan apa yang di lakukan oleh Pj Bupati ini akan mendorong keadilan sosial dan mampu mengentaskan kemiskinan karena zakat jika dikelola dan didayagunakan secara maksimal akan memberi dampak yang signifikan bagi penyelesaian persoalan yang ada, terang Bambang Wiyono.

Sementara itu, ucapan terimakasih di sampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tubaba, H. Susilo Aris Nugroho atas pembayaran zakat yang di lakukan oleh Pj Bupati Tubaba, Muhammad Firsada di Lazismu " ini merupakan bentuk kepercayaan atas lembaga yang kami kelola dan bentuk komitmen pemerintah daerah Tubaba dalam membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya mengeluarkan  dan membayar zakat sebaga peningkatan kesejahteraan dan akan membantu menurunkan kemiskinan. " terang Susilo Aris Nugroho.  Dan hadirnya Lazismu di Tubaba dimaksudkan sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang.

Untuk di ketahui, Lazismu Tubaba kini sudah membentuk unit-unit Kantor Layanan di hampir keseluruhan kecamatan hingga ke ranting dan masjid-masjid yang ada di Tubaba.(*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kerusakan lingkungan dan krisis iklim terus terjadi karena keserakahan....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang kompetisi Piala Soeratin yang serentak dilaksanakan di se....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Pengembangan di sektor pendidikan terus dilakukan oleh Muhammadiyah. Ha....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – PCM Kasihan menyelenggarakan Rapat Kerja bertempat di SMA Muhamma....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pu....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah