PKUM UMPR Gelar Pelatihan Mubaligh Ramadhan

Publish

8 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
143
Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menggelar Pelatihan Mubaligh dan Mubalighah di Aula PWM Kalimantan Tengah, Kamis-Jum’at (7-8/3/2024).

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menggelar Pelatihan Mubaligh dan Mubalighah di Aula PWM Kalimantan Tengah, Kamis-Jum’at (7-8/3/2024).

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka penguatan kader sebagai mubaligh muda yang sesuai dengan misi perjuangan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah dan tajdid. Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) menggelar Pelatihan Mubaligh dan Mubalighah di Aula PWM Kalimantan Tengah, Kamis-Jum’at (7-8/3/2024). Kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Ketua PWM Kalimantan Tengah H. Muhammad Syairi Abdullah. 

Pelatihan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Gema Ramadan 1445 H PKUM UMPR, di antaranya adalah Mubaligh Hijrah, Pesantren Ramadan, Safari Dakwah, Tadarus Al-Qur’an, Buka Bersama, Berbagi Takjil, Sahur Gembira, Kajian Ramadan, Imam dan Ceramah, Kado Ramadan, Talk Show dan Mutiara Hikmah. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali mahasantri yang akan diterjunkan secara langsung ke daerah-daerah di Kalimantan Tengah selama bulan suci Ramadan 1445 H, dengan nama program “Mubaligh Hijrah” atau “Mubaligh Berkemajuan” yang berkolaborasi dengan Majelis Tabligh dan Lazismu PWM Kalimantan Tengah. 

Hal itu senada dengan yang disampaikan oleh Aris Pratama Gunawan, S.H., selaku Panitia Pelaksana Gema Ramadan 1445 H PKUM UMPR tentang tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut. 

“Setiap Bulan Ramadan dan ini kali ketiga, sebagian besar PDM di Kalimantan Tengah mengajukan permohonan kepada kita untuk mengirimkan mubaligh yaitu mahasantri-mahasantri PKUM UMPR, sebelum mahasantri itu kita terjunkan maka perlu dilatih dan dibekali untuk memperkuat pengetahuan mubaligh tentang dakwah Muhammadiyah serta menjadi bekal di lapangan dalam menyiarkan ajaran Islam itu sendiri,” ucap Pembina PKUM UMPR itu. 

Wakil Rektor IV UMPR sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Kalimantan Tengah Dr. Hj. Sanawiah, S.Ag., M.H juga memberikan sambutan bahwa kader Muhammadiyah harus tampil siap dan semangat. 

“Kepada para kader yang di PKUM UMPR agar terus semangat dalam menjalankan pengkaderan khususnya pada kegiatan ini, semoga semuanya dapat mengikuti dengan baik dan menyimak setiap materi yang disampaikan selama pelatihan ini,” tuturnya. 

Selanjutnya Wakil Ketua PWM Kalimantan Tengah di Bidang Tabligh, H. Muhammad Syairi Abdullah menyampaikan pesan dan arahan kepada para mubaligh dan mubalighah. 

“Mahasantri PKUM jadilah kader sejati yang dapat berperan dan berkontribusi kapan dan di mana saja, selamat mengabdi atas nama persyarikatan, jaga kesehatan, jaga diri, ingat bawa dan jaga nama baik PKUM di setiap daerah, di pundak adik-adik semua nama baik itu berada,” pesannya.

Selain itu, Syairi mengapreasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. “Kami dari PWM Kalimantan Tengah sangat mengapresiasi adanya Pelatihan Mubaligh dan Mubalighah ini, dan program mubaligh yang akan dikirimkan ke daerah-daerah, ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam menyiapkan kader-kader mubaligh di masa depan,” ungkapnya. (diko)

 

 

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BERAU, Suara Muhammadiyah – Hotel SM Tower and Convention Berau bakal diresmikan besok Kamis (....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Seiring tibanya bulan Ramadan 1445, Masjid Muhammadiyah Al-Muhajir....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 81 murid kelas VI SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo m....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat Universitas Muhammadiyah M....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir. MSi m....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah