Program Unggulan, MPM PDM Bantul dan JATAM Barokah Budidaya Tanaman Kemukus

Publish

10 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
138
Istimewa

Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ketua PDM Bantul Arbariksawan Qomaru dan Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sanden Wiji Raharja didampingi Ketua MPM PDM Bantul Rudy Suharta melakukan penanaman bibit kemukus di Kebun Dakwah Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM) Barokah yang berlokasi di Kalimundu Gadingharjo Sanden Bantul pada Sabtu (9/03). Kebun dakwah menjadi program kerja unggulan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul. 


Dalam kesempatan tersebut Rudy menyampaikan bahwa disamping program pendampingan di beberapa titik terkait pengelolaan sampah rumah tangga sebagai antisipasi mitigasi darurat sampah di Bantul, kebun dakwah menjadi program yang diharapkan mampu memperkuat ketahanan pangan keluarga. 


“Jamaah Tani Muhammadiyah sebagai salah satu lini yang bergerak di bidang pertanian secara luas diharapkan menjadi media dakwah Muhammadiyah,” terang Rudy. 


Dalam kegiatan tersebut juga di kukuhkan Pengurus JATAM oleh PCM Sanden. “Majelis Pemberdayaan Masyarakat bisa bersinergi dengan Majelis dan Lembaga lain untuk dapat memberdayakan Jamaah Muhammadiyah,” ungkap Qomaru dalam arahannya. 


Triyono sebagai Ketua JATAM PCM Sanden menyampaikan bahwa dirinya siap mengemban amanah untuk melakukan terobosan dan inovasi dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya. 

Dirinya juga menambahkan bahwa dipilihnya kemukus sebagai komoditas yang dikembangkan di kebun dakwah diharapkan mampu menangkap peluang pangsa pasar kebutuhan export rempah-rempah di Eropa. “Kemukus juga bisa di tumpang sari dengan sayur sayuran yang bermanfaat untuk ketahanan pangan keluarga,” tandasnya. (D/Th)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah  – Lembaga Resiliensi Bencana/Muhammadiyah Disaster Management....

Suara Muhammadiyah

17 September 2023

Berita

MAKKAH, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka Musyawarah Cabang ke-3, Pimpinan Cabang Istimewa Muh....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah -  Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Jamhari ....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Ranting (Musyran) ke 13 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Lubuk P....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Berita

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah - Heri Pramono, S.Pd dilantik menjadi kepala SMA Muhammadiyah Gombo....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah