Rancang Peta Program, PCA Kartasura Lakukan Pendataan Partisipasi Guru dalam BerAisyiyah

Publish

26 January 2024
pca

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
153
Doc. PCA Kartasura, Jawa Tengah

Doc. PCA Kartasura, Jawa Tengah

KARTASURA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kartasura melakukan pendataan partisipasi guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura dalam berAisyiyah pada Kamis, 25 Januari 2024.  Kegiatan yang dilaksanakan di gedung aula fashion SMK Muhammadiyah Kartasura ini bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta

Menurut Sekretaris PCA Kartasura, Dr. Main Sufanti, M.Hum kegiatan ini bertujuan untuk memotret partisipasi guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Surakarta dalam berorganisasi Aisyiyah, sehingga dapat diketahuinya petanya.  Data partisipasi guru dan tenaga kependidikan dalam ber- Aisyiyah ini  penting dimiliki oleh PCA untuk menyusun dan melaksanakan program-program yang bermanfaat. 

"Pendataan partisipasi guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura ini merupakan pendataan awal yang akan dilanjutkan dengan pendataan di sekolah-sekolah lain di Kartasura, yaitu SMP, SD, dan MI.  Selama ini, PCA Kartasura baru memiliki data dan kegiatan dengan PAUD  yaitu dengan IGABA (Ikatan Guru  Aisyiyah Bustanul Athfal) Kartasura," jelasnya.

Kepala SMK Muhammadiyah Kartasura, Mohammad Prasetyo, S.T dalam sambutannya menyatakan bahwa pihak SMK Muhammadiyah Kartasura mendukung sepenuhnya terhadap kegiatan ini. "Setiap guru dan karyawan perempuan di sekolah Muhammadiyah wajib dapat menyemarakkan, mendukung, dan mengikuti kegiatan dalam beraisyiyah," ujarnya.

Kegiatan ini berhasil mendapatkan data  dari 23 guru dan tenaga kependidikan di SMK Muhammadiyah Kartasura. Berdasarkan formulir yang sudah diisi dapat diketahui variasi partisipasi mereka dalam ber-Aisyiyah. Ada yang sudah menjadi pengurus di Aisyiyah, ada yang anggota aktif yang telah mengikuti kegiatan Aisyiyah, ada anggota pasif yang hanya sekali-sekali mengikuti, dan ada yang sama sekali belum pernah mengikuti kegiatan Aisyiyah. 

Di akhir sesi, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi buku “Risalah Perempuan Berkemajuan” sebagai produk Muktamar Aisyiyah tahun 2023.  Buku ini diharapkan dapat digunakan oleh anggota Aisyiyah untuk melakukan dakwahnya di  masyarakat. PCA berharap guru-guru dan tenaga kependidikan ini akan menjadi kader-kader yang militan yang mampu menggerakkan Aisyiyah 

PCA Kartasura berterima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMS  yang telah memulai program pendataan ini.  Tim ini terdiri dosen dan mahasiswa  pegiat laboratorium Literasi  PBSI FKIP UMS yaitu: Eko Purnomo, S.Pd., M.Pd., Fuad Hanafi, Kartika Satya Noviafitri, Diva Akmalita Kautsari, damn Pratiwi Yulia Saputri.  (Main Sufanti/Cris) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Universitas Muhammadiyah Surakarta (....

Suara Muhammadiyah

11 April 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Sumatera Utara membagikan 125 paket ....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dimulai dengan beberapa sambutan dan diakhiri dengan menerban....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang juga Wakil Kepala Sek....

Suara Muhammadiyah

6 December 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua PDM Bantul Sumarna bersama Lembaga Pengembangan Olahraga (L....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah