Sambut Nuzulul Qur’an, PCM Pekuncen Terjunkan 30 Dai dalam Agenda Turba

Publish

26 March 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
512
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah – Mengisi peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1445 H pada Rabu (27/03/2024) Majlis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pekuncen, Banyumas melalui Korp Dai Muhammadiyah menugaskan 30 dai muda dalam Kegiatan Turba ke 8 Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dari 10 ranting yang ada. Disampaikan Ketua PCM Pekuncen, Basirin, S.Pd., bahwa para dai muda ini disebar ke 16 titik yang meliputi masjid dan mushala di wilayah Pekuncen. 

“Hanya saja waktunya sesuai jadwal dari lokasi masing-masing. Karena ada masjid dan mushala yang jadwal tabligh Ramadannya sebelum salat tarawih, ada pula yang tabligh setelah Subuh, tetapi semuanya dilaksanakan serentak di moment puasa ke 17 yakni nuzulul qur’an,” terangnya.  

Secara rinci, sekretaris PCM, Ma’arifuddin, M.Pd., menyampaikan bahwa missi para dai ini selain menginformasikan uraian hikmah diturunnya mukzijat al Qur’an sebagai pedoman hidup ummat, juga memberikan informasi terkini mengenai agenda-agenda AUM yang dikelola persyarikatan Muhammadiyah di wilayah Banyumas Barat. 

“Karena personil Korp Dai juga pengurus PCM, maka ditugaskan untuk berbagi informasi yang harus diketahui seluruh anggota persyarikatan, mencakup ketakmiran masjid dan mushala, agenda kegiatan PCM jelang hari raya dan agenda Pimpinan Daerah Muhammadiyah setelah idul fitri,” kata Ma’arif.   

Selain itu, lanjut Kepala SDM Pekuncen, ada informasi terkait  takaran/ besaran zakat fitrah, fidyah dan pelaksanaan Idul Fitri.  Adapun besaran zakat fitrah 3 Kg beras atau uang sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) setiap orang. Sedangkan besaran Fidyah Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah) untuk sehari satu kali makan. Bagi yang mampu lebih utama memberikan dua sampai tiga kali makan (Rp. 30.000 - 45.000). Pelaksanaan salat Idul Fitri diupayakan di tanah lapang jika tempat dan cuaca memungkinkan dan petugas Idul Fitri (Imam dan Khatib) dipersiapkan dan dilaporkan ke PCM Pekuncen guna keperluan dokumentasi.

“Pelaksanan Zakat Fitrah dan Idul Fiitri hendaknya sesuai HPT PP Muhammadiyah dan warga Muhammadiyah diharapkan menunaikan zakat Infaq sedekah di KL LazisMu. Bagi ranting yang belum membentuk KL Lazis untuk segera membentuk,” papar sekretatris PCM. 

Para dai juga ditugasi untuk menginformasikan terkait program kaderisasi organisasi. Yakni agar dibentuk Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di tiap ranting untuk mewadahi anak-anak usia sekolah baik yang sekolah di sekolah Muhammadiyah maupun yang di sekolah Negeri. Tak kalah penting adanya himbauan agar anak-anak Muhammadiyah masuk di sekolah Muhammadiyah sebagai calon penerus. 

Kini PCM Pekuncen telah memiliki 5 sekolah Muhammadiyah, terdiri dari SD Muhammadiyah Pekuncen, MIM Krajan, MIM Kranggan, MTs Muh Pekuncen dan MAM Pekuncen.

“Alhamdulillah Ramadan ini SD/MI Muhammadiyah di Pekuncen akan mewisuda siswa hafal Juz 30 sebanyak 42 siswa. Kegiatan wisuda dilakukan serentak se daerah Banyumas di UMP pada 30 Maret 2024,” pungkasnya. (hamidin)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka menyemarakkan Milad Muhammadiyah ke-111 tahun 2023, ....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Ma'had Al Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berk....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

Gelar Manasik Haji TK ABA Se-Bandung dan Cimahi BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Aisyi....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Peristiwa konflik dan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Pales....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Berita

SAMALANGA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh, Abdul Malik Musa, la....

Suara Muhammadiyah

15 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah