Semarakkan Hari Kemerdekaan dengan Gerakan Aksi Gizi Seimbang

Publish

17 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
122
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PPU, Suara Muhammadiyah - Program Komunitas Isi Piringku yang merupakan program kolaborasi Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah dengan Danone Indonesia melaksanakan gerakan aksi gizi seimbang di area sasaran di Kelurahan Pantai Lango, Penajam Paser Utara Kalimantan Timur dengan serentetan kegiatan diantaranya penguatan peran kader “Komunitas Isi Piringku” untuk kader posyandu dan PKK, diskusi dengan remaja untuk merumuskan gerakan aksi bersama dalam masifikasi posyandu remaja, Lomba memasak MPASI bergizi seimbang untuk ibu dengan balita kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi terkait Pentingnya Gizi Seimbang untuk ibu hamil dan ibu dengan balita.
 
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 13-14 Agustus 2024 bertempat di gedung serba guna kelurahan Pantai Lango. Kegiatan berjalan dengan meriah dengan di hadiri pemerintah desa, kader “komunitas isi piringku”, Kader posyandu, PKK, tokoh masyarakat, Bidan Desa, remaja, ibu hamil, ibu dengan balita dan sebagian masyarakat Pantai Lango.

Hanif Mu’allifah selaku ketua program mengatakan bahwa Serentetan kegiatan yang dikemas dengan gerakan aksi gizi seimbang merupakan momen turut menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, mengingat tema kemerdekaan tahun ini merupakan “Nusantara Baru, Indonesia Maju” artinya kita menjadi warga Pantai Lango yang sebentar lagi kita akan menyambut ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang lokasinya cukup dekat dengan tempat tinggal kita saat ini, oleh karenanya kita harus siapkan generasi-generasi kita siap secara jasmani dan rohaninya menuju Indonesia Emas 2045 mendatang. 

Melalui program “komunitas isi piringku” yang merupakan program kolaborasi Nasyiatul Aisyiyah bersama Danone Indonesia ini sebagai upaya bersama menurunkan prevelensi stunting untuk mewujudkan generasi bebas stunting terutama di kelurahan Pantai Lango dengan beberapa kegiatan. Imbuhnya saat sambutan.

Muhammad Dwi Pria Sujadi, S.E selaku sekretaris kelurahan Pantai Lango dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan program “komunitas isi piringku” ini sangat penting untuk masyarakat Pantai Lango terutama untuk kader posyandu, ibu hamil dan ibu dengan balita dan masyarakat secara umum agar teredukasi terkait pentingnya pencegahan stunting dan hidup sehat. Sekali lagi terimakasih kepada Nasyiatul Aisyiyah dan Danone Indonesia yang sudah memilih Pantai Lango menjadi tempat program, Semoga menjadi kebaikan kita bersama.

Semarak hari kemerdekaan melalui gerakan aksi gizi seimbang ini dinilai sangat bermanfaat bagi warga hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh salah satu bidan Kelurahan Pantai lango "kita tidak hanya sekedar meramaikan hari kemerdekaan dg lomba-lomba pada umumnya, tp gerakan gizi seimbang ini relate dg apa yg dibutuhkan oleh masyarakat Pantai Lango terutama remaja, ibu hamil dan ibu dengan balita"

Kegiatan diakhiri dengan lomba MPASI yg diwakili masing-masing tiap RT se Kelurahan Pantai Lango, dilanjut dengan sosialisasi terkait pentingnya gizi seimbang. Hanifatur Rosyidah selaku fasilitator sekaligus narasumber saat sosialisasi menekankan kepada peserta untuk menyediakan menu keluarga bergizi seimbang dengan memperhatikan porsi dan juga batasan gula-garam-minyak.

"Perangi Stunting, Mulai dari Isi Piring" menjadi jargon program.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BENGKULU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UM Bengkulu) melalui Fakultas Huku....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – PDM Asahan menjelang libur Ramadhan menyambut Idul Fitri 1445 H M....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah - Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) bersa....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Saat ini Indonesia tengah mengalami darurat sampah. Belasan juta ton sa....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan....

Suara Muhammadiyah

7 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah