SPs Uhamka Gelar Seminar Luar Kampus di PDS HB Jassin

Publish

9 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
68
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kegiatan kuliah di luar kampus dinilai dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang tak biasa bagi mahasiswa. Direktur Sekolah Pascasarjana (SPs) Uhamka Ade Hikmat menyampaikan, kegiatan kuliah di luar kampus sangat penting untuk dilakukan.

"Kuliah di luar kampus sangat penting dilakukan karena tidak terbatas pada satu topik, bisa multinarasumber," ujarnya dalam kegiatan Seminar Luar Kampus bertajuk Perencanaan Penelitian Bahasa Indonesia di gedung PDS HB Jassin, Jakarta, Sabtu (6/7/2024). 

Kegiatan yang diselenggarakan SPs Uhamka bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta dan PDS HB Jassin ini menjadi upaya SPs Uhamka meningkatkan gairah mahasiswa dalam melakukan penelitian, khususnya dalam lingkup disiplin ilmu bahasa dan sastra Indonesia. "Didukung suasana keterbukaan bisa menambah wawasan dan keakraban antara dosen dan mahasiswa berbagai tingkatan," ungkapnya.

Ade menjelaskan, kegiatan ini sebenarnya sudah pernah dilakukan dengan istilah kuliah taman dan kuliah wawasan. Kendati begitu, ia mendorong agar kegiatan positif semacam ini dapat dilanjutkan. "Saya setuju kalau kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dengan penyesuaian konsep sesuai dengan kebutuhan," ungkapnya dalam kegiatan yang dihadiri mahasiswa S2 dan S3 Uhamka tersebut.

Sementara itu, Kaprodi S3 Uhamka, Wini Tarmini, yang juga hadir sebagai narasumber, mengungkapkan bahwa Seminar Luar Kampus sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi mahasiswa S2 dan S3. “Sharing knowledge antarmahasiswa memberikan motivasi untuk menyelesaikan penelitian tesis dan disertasi tepat waktu," ungkapnya.

Salah satu peserta yang juga mahasiswa MPBI SPs Uhamka, Ahmad Soleh, mengungkapkan bahwa rancangan penelitian dari kegiatan ini dapat menjadi pijakan awal menyusun tesis atau karya ilmiah lainnya. "Ide-idenya keren. Mahasiswa yang ikut kegiatan ini juga sangat antusias, rancangan penelitian pun jadi lebih matang karena mendapat masukan dari para ahli yang hadir sebagai narasumber," ungkapnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi pengalaman berharga dan inspirasi bagi mahasiswa. "Semoga apa yang kami presentasikan bisa jadi pengalaman sekaligus menginspirasi kawan-kawan mahasiswa di luar sana, bahwa banyak hal yang sebenarnya bisa kita angkat dalam penelitian," ujar dia.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tak pernah habis melahirkan mahas....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Momen wisuda merupakan momen yang berbahagia. Momen merayakan pencapaia....

Suara Muhammadiyah

28 May 2024

Berita

LANGKAT, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah tel....

Suara Muhammadiyah

3 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 13 mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Isl....

Suara Muhammadiyah

11 July 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Dewan Amaliah Qobilah Soedirman SMA Muhammadiyah 1 Babat tahun bhakti....

Suara Muhammadiyah

7 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah