Susuri Jalan Berbatu untuk Dirikan Fasilitas Kesehatan

Publish

15 April 2024
NTT

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
112
Desa Tobotani

Desa Tobotani

LEMBATA, Suara Muhammadiyah - Desa Tobotani di Kecamatan Buyasuri Kabupaten Lembata NTT adalah salah satu Desa di ujung timur Lembata yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Alor. Desa ini memiliki tiga dusun yang terletak berjauhan, yang masih sangat terbatas oleh infrastruktur baik jalan maupun fasilitas lainnya, sehingga perkembangan serta kemajuan belum maksimal di dapatkan, terutama asupan air minum dan akses jalan yang masih belum baik bila dilalui. 

Kurang lebih belasan kilometer jarak tempuh dari ibu kota Kecamatan, yang cukup menguras fikiran maupun tenaga lantaran akses jalan yang sangat tidak baik, berdebu dan tak jarang para pengendara nyaris terjatuh oleh kerikil dan batu mangga yang berserak sepanjang jalanan. 

Begitupun musim barat Desa ini tertutup akses, karena berlumpur, licin serta ratusan kolam alamiah berjubel sepanjang arus menuju Desa tersebut. Alternatif lain yang sering dilalui bila musim barat tiba adalah jalur laut, itupun jika laut teduh bersahabat, namun bila tidak bersahabat maka kelumpuhan ekonomi jelas terjadi selama musim belum berganti. 

Kondisi Desa cukup menjanjikan oleh hasil cipta karya Tuhan. Selain beberapa pantai yang eksotik, serta hamparan tanah kosong yang menjanjikan. Desa tersebut juga memiliki hubungan sosial dengan Kabupaten tetangga terlihat saat bongkar muat hasil laut dari seberang, menyajikan berbagai hasil tangkapan yang segar dan bernutrisi. 

Begitupun hasil kebun berupa jagung kacang tanah serta kacang hijau, menjadi kebanggaan saat panen bila musim kembali membaik. Sebagian hamparan kosong di kelolah oleh penduduk luar Desa, dan sebagian lainnya di olah oleh penduduk setempat. 

Lembaga pendidikan tersedia, rumah ibadah, serta beberapa bangunan umum lainnya tersedia. Seperti jeti untuk tambatan perahu, kantor Desa, Polindes serta balai dusun. 

Tepatnya pada Ahad, (14/04/2024) rombongan Perserikatan Muhammadiyah terdiri dari PDM, PWPM, PDPM, PCPM, menyusur jalan berbatu menuju Desa Tobotani. 

Hasil diskusi panjang yang awal mula di prakarsai oleh Syamsul Thaib, sehingga hari ini telah mendapatkan simpul kesepakatan terkait hibah lahan oleh penduduk setempat kepada Muhammadiyah, untuk membangun fasilitas umum ditempat tersebut. 

Pemilik lahan Abdullah Bahrun, menujukan lahan yang hendak dihibahkan tersebut seluas dua hektare, ditengah tengah antara Tobotani dan Au' Redung. Hampatan tersebut ia ikhlas berikan untuk Muhammadiyah. 

"Jika Muhammadiyah berkenan untuk lahan yang saya berikan ini untuk kepentingan banyak orang dan kemaslahatan umat serta bangsa sesuai gerakan Al-Ma'un, kalau berkenan akses kesehatan diprioritaskan," ungkap Abdullah. 

Cukup disayangkan lanjut Abdullah untuk ibu hamil, ketika mau melahirkan harus dilarikan ke puskesmas yang jarak sekitar belasan kilometer dengan keadaan jalan yang cukup parah. 

"Kadang mobil Ambulance dari puskesmas harus menjemput pasien disini, kemudian balik lagi ke Kecamatan," tegasnya. 

Abdullah mengisahkan Seorang ibu hamil Pernah di larikan dengan ambulance menuju Kecamatan untuk mendapatkan pertolongan, namun melahirkan di tengah jalan tepatnya di Dulin Desa Rumang Kecamatan Buyasuri. 

"Alhasil bayi yang dilahirkan tersebut oleh orangtuanya diberi nama Ambulance," ungpaknya. 

Ia harapkan kepada unsur PDM, PWM serta Pimpinan Pusat Muhammadiyah dapat merespon rintihan anak bangsa di pelosok Negeri ini. 

Usai makan siang dan sholat dhuhur, penghibah bersama keluarga serta unsur Muhamnadiyah menuju tempat yang mau dihibahkan, setelah turun saksikan tempat tersebut rombongan bergegas kembali meninggalkan Tobotani. (Basam/Iwan/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - PKU Muhammadiyah Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah terus berbenah mew....

Suara Muhammadiyah

22 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Milad Muhammadiyah yang ke-111, Universitas Ahmad Dahlan mengundang....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah – Lembaga amil zakat, infak dan sedekah Muhammadiyah (LazisMu) t....

Suara Muhammadiyah

22 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya menggelar Dekla....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

PURBALINGGA, Suara Muhammadiyah  - Guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta perhatian ....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah