Dukung UMKM Antapani, UM Bandung Berikan Pelatihan Digital Marketing

Publish

8 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
126
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Antapani, Kota Bandung, pada Sabtu (06/07/2024). Kegiatan PKM ini berupa pelatihan digital marketing bagi para pengusaha dan pelaku UMKM di Kecamatan Antapani.

“Kali ini, kami memberikan pelatihan digital marketing kepada UMKM. Kami berharap, dengan mengikuti pelatihan ini, para pelaku UMKM di Kecamatan Antapani bisa lebih maju dalam hal promosi. Istilahnya, mereka bisa naik kelas: dari kecil ke mikro, mikro ke menengah, dan menengah ke level yang lebih besar lagi,” ujar Ketua Pelaksana PKM UM Bandung Dr Suparjiman MM.

Dengan penambahan keterampilan usaha berupa digital marketing, Suparjiman berharap para pelaku UMKM di Antapani dapat memperluas jangkauan usahanya lebih luas lagi. "Jangkauannya bisa menjadi tidak terbatas, bisa mencapai level nasional bahkan internasional. Dari segi biaya juga akan semakin efektif dan murah. Dan yang terpenting, kelas usahanya semakin naik seperti yang kita harapkan," tambah Suparjiman.

Tidak hanya sekali, PKM ini juga akan terus berlanjut dengan berbagai pelatihan lainnya yang sangat berguna bagi para pelaku UMKM. Di antaranya, para pelaku UMKM akan dibina dan didampingi dalam cara membuat konten promosi di media sosial. Termasuk juga bagaimana cara berjualan secara live di media sosial yang efektif dan menarik.

Selain pelatihan digital marketing dan konten iklan di website serta media sosial, UM Bandung juga akan melatih para pelaku UMKM di Antapani tentang manajemen keuangan dan pembukuan sederhana. "Jika para pelaku UMKM memahami manajemen keuangan, mereka akan mengetahui harga yang sebenarnya sehingga dapat menentukan harga jual yang tepat. Tidak lagi hanya berdasarkan perkiraan," ujar Suparjiman.

Manfaat lain dari pemahaman manajemen keuangan adalah para pelaku UMKM dapat memisahkan keuangan pribadi dan keuangan perusahaan. Selama ini, para pelaku UMKM seringkali kesulitan membedakan antara uang pribadi dan modal usaha, sehingga keduanya tercampur menjadi satu.

UMKM sebenarnya bisa mengemas produk dagangannya dengan menarik agar dapat menarik perhatian masyarakat dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, pada edisi PKM kali ini, para pelaku UMKM mendapatkan pelatihan tentang cara pengemasan produk. Narasumber yang memberikan materi ini adalah Kaprodi Kriya Tekstil dan Fashion UM Bandung, Saftiyaningsih Ken Atik.

Selain itu, para pelaku UMKM juga mendapatkan pelatihan tentang keberlanjutan dalam bisnis UMKM yang disampaikan oleh Helin Garlinia Yudawisastra. Mereka juga menerima materi pendampingan dan pelatihan tentang paten dan HKI yang disampaikan oleh Reza Fikri Alfatah. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Antapani, Atang Rachman, yang memberikan sambutan.*(FK/FA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar N....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Terus menebar manfaat di bulan Ramadan, Universitas Muhammadiyah Malang....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah- Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad mengatakan bahwa mahasiswa bar....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PW Aisyiyah ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bukan hanya menjadi ta....

Suara Muhammadiyah

3 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah