Rektor UMJ dan UMSU Sambut Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia

Publish

28 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
107
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, Datuk Ts. Mustapha Sakmud, mengunjungi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kamis (27/06/2024). Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., menerima Datuk Ts Mustapha Sakmud beserta rombongan di Auditorium dr. Syafri Guricci Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK).

Saat menyambut Datuk Ts Mustapha Sakmud yang didampingi oleh jajaran Pimpinan Kementerian Pendidikan Tinggi dan Kedutaan Besar Malaysia di indonesia, Ma’mun menyampaikan bahwa ini merupakan kunjungan balasan Wakil Menteri atas kunjungan Rektor UMJ ke Malaysia pada 26 Maret 2024.

Ia berharap pertemuan ini dapat menindaklanjuti penjajakan kerja sama yang telah dilakukan pada waktu itu. Beberapa hal yang telah direncanakan adalah kerja sama dalam bidang pendidikan, khususnya di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan.

“Harapannya akan ramai pelajar dari Malaysia belajar di Fakultas Kedokteran dan tentu program studi lainnya di UMJ,” ungkap Ma’mun.

Pada kesempatan itu, Ma’mun juga menyatakan secara resmi memberikan beasiswa untuk 25 pelajar dari Malaysia untuk kuliah di UMJ. Beasiswa dibuka untuk 8 program studi, di antaranya Magister Manajemen, Magister Ilmu Politik, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Studi Islam, Doktor Manajemen Pendidikan Islam.

Hal itu disambut sangat baik oleh Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia Datuk Mustapha Sakmud. Ia mengapresiasi Muhammadiyah karena telah berada di depan dalam hal pendidikan.

Ia mengaku kagum melihat perkembangan dan kemajuan Muhammadiyah. Itu pula yang menjadi alasan Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia melakukan kunjungan balasan dan studi banding untuk mengetahui perkembangan pendidikan di Muhammadiyah.

“Banyak yang perlu kita diskusikan bersama dari sisi kerja sama di level kementerian dan universitas. Sepertinya sudah banyak kolaborasi degan perguruan tinggi, dan kita coba mantapkan. Kita manfaatkan sebaiknya. Kita bisa mencari ruang untuk memberi peluang pada pelajar Indonesia belajar di Malaysia,” kata Mustapha.

Pada kesempatan itu, Menteri Pendidikan Malaysia dan UMJ sepakat untuk menjalin kerja sama. Jumlah Fakultas Kedokteran di Malaysia belum dapat memenuhi kebutuhan dokter sehingga Menteri Pendidikan Malaysia menjalin kerja sama dengan Muhammadiyah.

Melalui kerja sama ini, UMJ dan PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) dapat menerima mahasiswa asal Malaysia untuk studi di Fakultas Kedokteran.

Pada pertemuan itu Rektor UMJ menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Excomplience SDN BHD, TBA Capital SDn BHD, dan Koperasi Akademi Binaan Malaysia Wilayah Utara Berhad yang diwakili oleh Managing Director TBA, SDN, BHD, Dato’ Tajudin bin Ahmad.

Seusai acara, rombongan Wakil Menteri Pendidikan Malaysia berkeliling gedung FKK UMJ didampingi Rektor dan Dekan FKK UMJ.

Turut hadir para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan Direktur di lingkungan UMJ. Hadir pula Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Prof. Dr. Agussani, M.AP.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vo....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto....

Suara Muhammadiyah

16 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Panjta Nu....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu P....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Beberapa wilayah di Indonesia baru-baru ini dilanda bencana alam ....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah